» » » Jadi Narasumber Pelatihan Linmas, Ini yang disampaikan Iptu Priyono

Jadi Narasumber Pelatihan Linmas, Ini yang disampaikan Iptu Priyono

Penulis By on Kamis, 22 Februari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Bertempat di Kantor Desa Kedukul Kecamatan Mukok telah dilaksanakan kegiatan pelatihan Linmas, Kamis (22/02/2018).

Kegiatan Pelatihan Linmas tersebut diikuti sebanyak 15 orang dari petugas Linmas pada 4 Dusun di wilayah Desa Kedukul.

Kapolsek Mukok Iptu Priyono selaku Nara sumber menyampaikan Bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satlinmas merupakan Organisasi yang dibentuk dalam suatu keadaan dinamis oleh Pemerintah Desa / Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat, disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan dalam pemeliharaan keamanan, ketenteraman dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

“Selain itu Salinmas juga dituntut dalam hal penanganan bencana, mengurangi dan memperkecil akibat bencana, ikut serta dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan upaya pertahanan negara,” jelasnya

Iptu Priyono memaparkan bahwa pemberdayaan dimaksud dapat dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya pendidikan dan pelatihan, peningkatan peran serta dan prakarsa, peningkatan kesiapsiagaan, penanganan tanggap darurat, pengendalian dan operasi, serta pembekalan.  

Berkaitan dengan tugas dan kewajiban Satlinmas, Kapolsek Mukok menjelaskan bahwa penyelenggaraan perlindungan masyarakat sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 Tanggal 28 November 2014.

Mengakhiri penyampaian materinya, Kapolsek Mukok mengingatkan Anggota Satlinmas Desa Kedukul agar menjadi Pelopor Sadar Kamtibmas di lingkungannya. 

Turut hadir Danramil 1204-19/Mukok PELDA Imam Solikin yang diwakili Serda Sutikno Wibowo, Kepala Desa Kedukul Jamilhan dan peserta pelatihan Linmas sebanyak 15 orang.

"Pemberdayaan Anggota Satlinmas diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Kedukul untuk meningkatkan kapasitas Anggota Satlinmas dalam pelaksanaan tugas" ujar Kapolsek Mukok.

Setelah materi dalam ruangan, dilanjutkan dengan materi lapangan berupa PBB yang disampaikan oleh Kapolsek Mukok bersama Pelda Imam Solikhin. Peserta yang merupakan Anggota Satlinmas Desa Kedukul berjumlah 15 orang tampak antusias mengikuti kegiatan ini. 




Penulis : Denny Ardiyanto
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya