» » » Bentuk Pelayanan Kepolisian di Perbatasan Entikong

Bentuk Pelayanan Kepolisian di Perbatasan Entikong

Penulis By on Senin, 30 April 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Polsek Entikong turut ambil bagian dalam pelayanan masyarakat khususnya pelintas batas di PLBN Entikong, Senin (30/4).

Dimulai dari pukul 05.00 Wib, personil Subsektor Polsek Entikong harus sudah tiba di PLBN Entikong untuk melaksanakan tugas.

Kasubsektor Polsek Entikong, Ipda Nursalim menjelaskan bahwa sebelum PLBN dibuka pada pukul 05.00 Wib, personil harus sudah standby terlebih dahulu di lokasi. Menurut Nursalim, kebanyakan tindak pidana dilakukan pada jam-jam subuh sehingga penting adanya personil Kepolisian untuk mengantisipasi hal tersebut.

Tugas personil Subsektor di PLBN Entikong adalah sebagai unit pengamanan untuk memback-up segala pemeriksaan yang dilaksanakan. “Tidak jarang ada masyarakat yang keberatan saat diperiksa  sehingga kehadiran Polisi saat pemeriksaan sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi setiap kejadian yang mungkin terjadi”, ungkap Ipda Nursalim.


Ipda Nursalim menjelaskan bahwa personil Subsektor di tempatkan di berbagai lokasi disekitar PLBN Entikong seperti pemeriksaan barang oleh pihak Bea dan Cukai maupun pemeriksaan kelengkapan dokumen lintas batas oleh pihak Imigrasi.

“Personil juga kami perintahkan melaksanakan pemeriksaan kendaraan yang keluar - masuk melalui PLBN Entikong karena telah diberlakukannya TNKB dan STNK Lintas Batas Negara baru - baru ini”, tambahnya.

Tak jarang juga personil Subsektor Polsek Entikong melaksanakan patroli di jalur - jalur tikus yang rawan terjadi penyelundupan orang dan barang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Penulis : Oliver M Situmorang / Abriyanta Ginting
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya