» » » Bhabinkamtibmas Sosialisasikan "May Day Is Fun Day" Kepada Pt. Msp Desa Kuala Rosan

Bhabinkamtibmas Sosialisasikan "May Day Is Fun Day" Kepada Pt. Msp Desa Kuala Rosan

Penulis By on Senin, 30 April 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Buruh merupakan tenaga kerja atau biasa disebut sebagai karyawan, pada dasarnya adalah manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan baik berupa uang maupun bentuk lainya kepada Pemberi kerja, pengusaha,atau majikan. Pada dasarnya, buruh, pekerja, tenaga kerja maupun karyawan adalah sama, namun dalam kultur Indonesia sebutan, "Buruh" berkonotasi sebagai pekerja rendahan, hina, kasaran dan sebagainya, sedangkan pekerja, tenaga kerja dan karyawan adalah sebutan untuk buruh yang lebih tinggi, dan cenderung diberikan kepada buruh yang tidak mengutamakan kemapuan otot, melainkan lebih diutamakan pada kemampuan otak dalam melakukan kerja, Minggu (30/04/2018).

Pada dasarnya keempat kata ini, yakni buruh, pekerja, tenaga kerja, araupun karyawan mempunyai satu arti yang sama yaitu pekerja. Hal tersebut terutama merujuk pada Undang-undang Ketenagakerjaan, yang berlaku umum untuk seluruh pekerja maupun pengusaha di Negara Indonesia. Adapun buruh dapat dibagi atas 2 klasifikasi secara garis besar, yakni Buruh profesional, yang biasa disebut buruh kerah putih, menggunakan tenaga otak dalam bekerja serta Buruh kasar - biasa disebut buruh kerah biru, menggunakan tenaga otot dalam bekerja.


Selanjutnya Kapolres Sanggau, menegaskan kepada seluruh Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sanggau, "Agar Memberikan himbauan kepada karyawan perusahaan dalam rangka hari Buruh 'Mei Day' dirayakan secara 'Happy Day' atau 'Fun Day', jangan merayakan dengan cara unjuk rasa, rubah kebiasaan yang lama laporkan hasil kegiatnya, terimakasih atas kerjasamanya", tegas Kapolres Sanggau yang didelegasikan Melalui Kasat Binmas Polres Sanggau.

Guna menyikapi hal tersebut diatas, Bhabinkamtibmas Desa Kuala Rosan, yakni Brigadir F. Febri Tri Suhardi, S.Pd. Melaksanakan giat silaturahmi ke perusahaan PT. Melawi Sawit Prima (MSP) yang berlokasi di Dusun Lubuk Piling Desa Kuala Rosan Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau, silaturahmi Bhaninkamtibmas tersebut bertujuan untuk mendekatkan diri Bhabinkamtibmas dengan pihak perusahaan PT. MSP baik kepada pihak manejamen, karyawan, maupun warga masyarakat sekitar, dan meningkatkan Harkamtibmas dilingkungan perusahaan PT. MSP terkait mengantisipasi Hari Buruh Sedunia "May Day" menjadi "happy Day / Fun Day", serta memberikan himbauan-himbauan Kamtibmas.


Kegiatan Bhabinkamtibmas tersebut disambut baik oleh pihak manajemen perusahaan, karyawan, dan warga masyarakat disekitar lingkungan Perusahaan PT. MSP dalam menciptakan situasi yang aman, tertib, dan kondusif sebagai implementasi dari program Kapolres Sanggau, yakni 4S Speed, Smart, Solid, dan Strong dalam memaksimalkan peranan Polri dimasyarakat sebagai Pelindung, Pengayom, dan Pelayan Masyarakat, serta Penegak Hukum. Disinilah terlihat peranan Bhabinkamtibmas sebagai "Ujung Tombak dan Garda Terdepan Polri". Selanjutnya Gusti Bismindar selaku Manajer PT. MSP menuturkan bahwa, "Saya selaku manajer PT. MSP berterimakasih kepada Polsek Meliau, khususnya Bhabinkamtibmas Desa Kuala Rosan yang telah proaktif dan bekerjasama dengan baik kepada PT. MSP dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang Kondusuf dilingkungan PT. MSP, dan lingkungan warga masyarakat sekitar", tegas Gusti Bismindar.


Selanjutnya Kapolsek Meliau Iptu M.R. Pardosi, S.H. membenarkan bahwa, "Kami selaku insan Polri selalu berupaya secara maksimal dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif diwilayah hukum kami, baik dilingkungan masyarakat maupun dilingkungan perusahaan, inilah wujud nyata usaha kami dalam mendukung program pimpinan kami Kapolres Sanggau dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat secara 4S, yakni Speed, Smart, Solid, dan Strong. Menyikapi Hari Buruh Dunia 'May Day' yang jatuh pada tanggal 01 Mei 2018 ini kami menghimbau kepada seluruh tenaga kerja baik di perusahaan, objek vital, pasar, dan pertokoan agar tidak melaksanakan demonstarsi buruh secara anarkis, namum lebih mengapresiasikannya secara positif agar dapat bermanfaat bagi warga masyarakat 'Happy Day / Fun Day", tegas Kapolsek Meliau Iptu M.R. Pardosi, S.H.


Penulis : Firdaus Febri Tri Suhardi, S.Pd
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya