» » » Polsek Meliau Mitra Satuan Pengamanan dalam Peningkatan Kualitas SDM Satpam

Polsek Meliau Mitra Satuan Pengamanan dalam Peningkatan Kualitas SDM Satpam

Penulis By on Kamis, 26 April 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Siapa yang tak kenal dengan Satpam?, petugas keamanan dengan seragam dan atribut yang hampir sama seperti Polisi. Kenapa tidak, dengan postur tubuh dan seragam kerja yang terlihat gagah membuat Satpam hampir terlihat sama seperti Polisi dan tampil dengan percaya diri, hanya saja Satpam dalam hal ini seragam Satpam itu tidak sama warnanya dengan Polisi dikarenakan Satpam menggunakan seragam dengan warna biru yang terlihat mendominasi dan di pasangkan dengan warna putih secara khusus.

Satpam merupakan unsur Polri yang menjalankan tugas Kepolisian secara "terbatas" satpam disebut sebagai unsur pembantu Polri dalam melaksanakan tugas pokok (Tupoksi), fungsinya, dan peranannya, dalam hal ini bukan berarti Satpam berkedudukan sebagai Sub Ordinasi dan Polri, melainkan hanya membantu secara fungsional tugas-tugas Kepolisian secara terbatas. Atas kedudukan tersebut, sedikit banyak setidaknya akan ada pihak-pihak tertentu yang kurang mengerti, karena alasan "komersial" yang dapat disajikan sebagai suatu alasan untuk merekayasa agar pembinaan / pengukuhan Satpam tidak hanya berada ditangan Polri, namun instansi pemerintah lainnya juga dapat melakukan pembinaan / pengukuhan.


Dalam kesisteman baik mulai dari pendidkan / pelatihan, pembinaan teknis-teknis dan taktis pelaksanaan tugas-tugas Kepolisisan secara terbatas dilingkungan tempat kerja / korporasi Satpam betugas, kalau tidak berada dibawah pengawasan dan pembinaan Polri selaku "Stakeholder" dan yang dikedepankan dalam mewujudkan Kamtibmad dapat menimbulkan "Ketidak pastian hukum bahkan melanggar hukum". Guna mengatasi hal-hal seperti tersebut diatas, maka dengan ini Polri secara umum dan Polsek Meliau secara khusus senantiasa aktif memberikan pembinaan, baik pembinaan teknis Kepolisian maupun system manajemen pembinaan atas Satpam dapat dilaksanakan secara berseragam demi tercapainya Kamtibmas yang kondusif, terutama dalam menjelang Pemilu yang akan segera dilaksanakan, karena situasi politok yang memanas yang dapat berimplikasi timbulnya gangguan terhadap Kamtibmas.

Bertempat di ruang rapat PT. PPC Meliau pada hari Rabu tanggal 25 April 2018 pukul 10.00 Wib s/d pukul 14.00 Wib Bripka Erwin Sumirat selaku Kanit Provost dan Brigadir F. Febri Tri Suhardi, S.Pd melaksanakan kegiatan pembinaan kepada Satpam, yakni Pemberian Materi terhadap enam orang Satpam PT. PPC Meliau dihadapan Pihak Manajemen PT. PPC Meliau dan Koordinator / Cift Satpam PT. PPC Meliau yakni Bapak Pasaribu yang mana beliau merupan mantan anggota Polri yang sangat berjasa terhadap Institusi Polri. Pembekalan materi Satpam PT. PPC meliau tersebut di berikan secara langsung oleh Brigadir F. Febri Tri Suhardi, S.Pd dengan jumlah materi pembekalan Satpam sebanyak tiga pokok pembahasan materi, antara lain Dasar Hukum Satpam, Eksistensi Satpam, Tugas Pokok dan Fungsi Satuan Pengamanan (Tupoksi Satpam) sebagai materi dasar mekanisme Satuan Pengamanan. Dal hal ini, pihak manajemen PT. PPC meliau menyambut baik dan berterimakasih atas partisipasi dari Polsek Meliau sebagai wujud nyata dari Pemolisian Masyarakat (Polmas) dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Meliau.


Kedepan diharapkan oleh pihak manajemen PT. PPC Meliau, agar hubungan kemitraan Polsek Meliau dengan pihak PT. PPC Meliau dalam bidang pembinaan Satuan Pengamanan bukan hanya kali ini saja, namun lebih dilakukan secara terencana dan berkelanjutan.

Kapolsek Meliau Iptu M.R. Pardosi, S.H. yang menuturkan bahwa, "Kami selaku abdi negara, sudah layak dan semestinya membina Satuan Pengamanan (Satpam) yang ada di wilayah hukum kami, katena Satpam merupakan perpanjangan tangan kami yang dapat melakukan tindakan Kepolisian secara "terbatas" guna menciptakan rasa aman, tertib, dan situasi yang kondusif dilingkungan tempat mereka bekerja. Inilah wujud nyata dari usaha kami dalam mendukung program pimpinan kami, Bapak Kapolda Kalbar ,yaitu Polda Kalbar "Berkibar" dan Bapak Kapolres Sanggau, yaitu Polres Sanggau yaitu (4S) antara lain Speed, Smart, Solid, dan Strong", tegas Kapolsek Meliau tersebut.


Penulis : F. Febri Tri Suhardi, S. Pd
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya