» » Budidaya Jamur Tiram Bakal Berkembang di Lingkungan Polres Sanggau

Budidaya Jamur Tiram Bakal Berkembang di Lingkungan Polres Sanggau

Penulis By on Senin, 07 Mei 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Trobosan Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, SH, S.IK, MM bersama ketua Bhayangkari Cabang Sanggau membudidayakan jamur tiram  di Latihkan kepada Personil Polres, Bhabinkamtibmas Polsek dan Bhayangkari Sanggau, Senin (07/05).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan SH, S.IK, MM membuka pelatihan penanampan jamur tiram di ruang Vicon Polres Sanggau yang di hadiri oleh Kadis Pertanian Ir. Jhon Henry M. Si, Wakapolres Sanggau Kompol Dudung Setyawan SH, S. IK, para Kabag, Perwira Staf, Kapolsek beserta anggota Bhabinkamtibmas.

Dalam pembukaannya di sampaikan bahwa Kabupaten Sanggau yang dinilai sangat cocok untuk pembudidayaan jamur ini. Karena Rahmat Kurniawan saat menjabat sebagai Kabag Ops pernah menanam Jamur Tiram secara langsung yang hasilnya cukup dirasakan dan sangat menguntungkan. Rahmat Kurniawan memberikan cara usaha budidaya jamur kepada peronil dan Bhayangkari Sanggau dengan harapan anggota dapat menambah penghasilan sampingan melalui usaha  jamur tiram yang mudah, tidak memerlukan lokasi yang luas namun hasilnya cukup menjanjikan.


Kabag Pertanian Sanggau Ir. Jhon Henry M. Si sangat mendukung kegiatan budidayan jamur tiram di Polres Sanggau dan diharapkan nantinya dapat bekerjasama dengan warga Sanggau di wilayah Belanging yang juga telah membudidayakan Jamur. Dengan di adakan budidaya ini dapat menambah ketersediaan sayuran.

Kemudian pendalaman dan praktek langsung yang di pandu oleh instruktur Rohman Yanto yang di datangkan dari Jawa oleh AKBP Rachmat Kurniawan untuk menularkan ilmunya di Sanggau.  Rohman menyampaikan mulai dari penyiapan tempat, bahan-bahan yang di perlukan, bibit, cara penanaman, pengaturan suhu yang di perlukan, perawatan hingga cara pemanenannya. Pelatihan yang akan di laksanakan selama dua ini diharapkan para peserta latiahan  dapat mengikuti dengan maksimal.

Ditambahkan oleh Kapolres, direncanakan Polres Sanggau akan di jadikan tempat pelatihan Tanam Jamur terhadap anggota Polri se-Kalbar yang akan mengakhiri masa pensiun. “Dengan demikian anggota Polres Sanggau harus mengetahui dan mempraktekkan terlebih dahulu jangan nantinya hanya sebagai penonton,” himbau Kapolres Sanggau.


Penulis : Sukadar

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya