» » » Entikong Kembali Kedatangan PMI Bermasalah dari Malaysia

Entikong Kembali Kedatangan PMI Bermasalah dari Malaysia

Penulis By on Kamis, 03 Mei 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Pemeriksaan Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong kembali kedatangan Pekerja Migran yang bermasalah dari Malaysia. Sebanyak 27 orang PMI bermasalah yang dideportasi tiba di PLBN Entikong dengan diantar menggunakan 1 unit truck dan 1 unit kendaraan jenis van, Kamis (03/05).

Setibanya di PLBN, PMI bermasalah tersebut telah disambut oleh gabungan instansi yang terkait. Personil Subsektor Polsek Entikong segera melaksanakan pengamanan kegiatan deportasi tersebut. PMI yang dideportasi  berasal dari Depot Imigresen dan KJRI Kuching. Di PLBN Entikong, 27 orang PMI yang terdiri dari 24 laki-laki dan 3 perempuan tersebut didata dan dipisahkan berdasarkan daerah asalnya masing - masing. Kebanyakan PMI bermasalah tersebut berasal dari daerah Kalimantan Barat sendiri.

Personil yang ditunjuk oleh Kapolsek Entikong juga turut melaksanakan screening  atau pendataan terhadap PMI yang dideportasi tersebut. "Kami menemukan setiap kali ada PMI bermasalah yang dipulangkan sudah pasti dikarenakan sebab yang sama", ucap Kasubsektor Polsek Entikong, Ipda Nursalim.


Memang sudah dikonfirmasi sebelumnya bahwa PMI yang dideportasi kebanyakan karena tidak memiliki izin kerja (visa). Ipda Nursalim juga menjelaskan bahwa Polsek Entikong sudah berupaya melaksanakan sosialisasi dan pemeriksaan yang cukup ketat untuk mengurangi angka PMI yang dideportasi.

"Kami sendiri juga merasa kasihan terhadap warga negara kita yang terpaksa dipulangkan ke tanah air dikarenakan bermasalah di negeri orang", tambahnya.

Setelah selesai dilaksanakan pemeriksaan dan pendataan oleh instansi terkait, PMI bermasalah tersebut kemudian diberangkatkan menuju Kantor Depsos Pontianak untuk mendapatkkann penanganan lebih lanjut.


Penulis : Abriyanta Ginting
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya