» » » Kapolsek Tayan Hilir Hadiri Sosialisasi Publik dalam Rangka Studi AMDAL

Kapolsek Tayan Hilir Hadiri Sosialisasi Publik dalam Rangka Studi AMDAL

Penulis By on Kamis, 03 Mei 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Bertempat di aula kantor Camat Tayan Hilir dilaksanakan kegiatan sosialisasi / konsultasi publik dalam rangka studi AMDAL kegiatan pabrik pengolahan dan pemurnian Bijih Bauksit beserta sarana pendukung PT. Beginjan Jaya Makmur (PT. BJM) yang rencananya berlokasi di Desa Beginjan Kecamatan Tayan Hilir dan dilaksanakan oleh konsultan AMDAL PT. Alam Indo Lestari, Kamis (03/05)

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tayan Hilir, Kapolsek Tayan Hilir Iptu Muhammad Resky Rizal S.IK MH, Ba Taud Koramil Tayan Hilir, Kasi Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, perwakilan Dinas Penanaman Modal Kabupaten Sanggau, konsultan PT. Alam Indo Lestari  Muhammad Rusdiansyah, perangkat Desa Beginjan, DAD dan MABM Tayan Hilir, serta tokoh masyarakat Desa  Beginjan.

Kegiatan konsultasi publik tersebut dilaksanakan sebagai tahap pertama penyusunan dokumen AMDAL kegiatan pabrik Pengolahan dan Pemurnian Bijih Bauksit PT. BJM  dengan rencana produksi 1,5 Juta Metrik Ton pertahun, sehingga dengan dilaksanakan kegiatan tersebut didapat saran/tanggapan guna meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari adanya rencana kegiatan pabrik tersebut.


Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Tayan Hilir memberikan tanggapan terhadap adanya rencana pembuatan smelter Bauksit tersebut, menghimbau pihak perusahaan untuk memperhatikan dampak lingkungan, sosial ekonomi, dan sosial budaya serta keamanan secara eksplisit sehingga nantinya pada saat sudah beroperasi,  energi management perusahaan dan aparat Pemerintah dan Kepolisian tidak terbuang untuk mengurusi permasalahan yang seharusnya sudah diprediksi akan terjadi berikut langkah pencegahan dan penanggulangannya yang mana masing-masing memiliki beban tugas pokok yang harua dilaksanakan.

Menyampaikan kemungkinan kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas pada saat sebelum, sesaat dan setelah di masing-masing tahapan dari studi amdal, pengurusan legalitas lainnya, tahap kontruksi hingga sampai dengan beroperasi nantinya.

Kapolsek juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan atau menjamin lingkungan investasi yang aman dan kondusif sehingga para investor tidak ragu-ragu berinvestasi di wilayah Tayan Hilir yang mana akan berdampak pada peningkatan tahap hidup masyarakat.

Penulis : Meigi Alrianda
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya