» » Polsek Meliau Dukung Penuh Program GERMAS Sebagai Bentuk Eksistensi Polri dalam Dunia Kesehatan

Polsek Meliau Dukung Penuh Program GERMAS Sebagai Bentuk Eksistensi Polri dalam Dunia Kesehatan

Penulis By on Jumat, 04 Mei 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Kesehatan merupakan bagian dari iman, kesehatan itu sendiri merupakan bagian utama dari seluruh aspek kehidupan baik dari segi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. Selain itu seseorang yang mengalami penyakit, baik penyakit ringan, sedang, parah, dan sangat parah akan merasa kesehatan itu mahal bahkan sangat mahal bilamana penderita penyakit tersebut berusaha untuk berobat dan tentunya mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, uang, dan harta benda demi kesembuhan dirinya tersebut. Oleh karenanya patut dinilai bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya.

Adalah suatu tantangan bagi Negara Indonesia dalam mengatasi tingginya angka natalitas dan mortalitas yang mengakibatkan tingginya pula kenaikan angka kemiskinan di Indonesia. Tingginya angka kemiskinan berdampak pada tingginya pula angka kejahatan / kriminalitas di Indonesia. Oleh sebab itu, Polsek Meliau mendukung Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) sebagai bagian dari Program Bapak Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo, yakni 9 Agenda Prioritas. Adapun Germas sendiri berada pada Agenda ke-5, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia dan dituangkan dalam Program Indonesia Sehat.

Dukungan Polsek Meliau terhadap Program Germas tersebut bertujuan Mendukung dan turut serta berpartisipasi dalam mensukseskan Program Presiden Republik Indonesia, yaitu Program Nawacita,  Menjalin kerjasama antara Polri dengan Instansi / lembaga pemerintahan, dalam hal ini kerjasama Polsek Meliau dengan Dinas Kesehatan (Puskesmas Kecamatan Meliau) sebagai implementasi dari tiga tahapan Grand Strategy Polri pada fase ke-2, yaitu Membangun Kemitraan (Patnership Building tahun 2010 s/d 2014) dan fase ke-3, yaitu tahun Pelayanan Prima (Service For Excelent tahun 2015 s/d 2025), dan Menekan tingginya angka kriminalitas dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.


Oleh karenanya pada hari Kamis tanggal 03 Mei 2018 pukul 09:00 Wib s/d pukul 13:00 Wib bertempat di ruang aula Puskesmas Meliau, Brigadir F. Febri Tri Suhardi. S.Pd selaku perwakilan dari Polsek Meliau, Bapak Latin selaku perwakilan dari Kantor Kecamatan Meliau, Bapak drg. Tones Alpius Saragih selaku Kepala Puskesmas Meliau sekaligus sebagai nara sumber, Kades dan / atau perwakilan dari Pemdes Meliau Hilir, Meliau Hulu, Sungai Mayam, Melobok, Balai Tinggi, dan Baru Lombak, serta Dinas Kesehatan Meliau Bindang Kesehatan Hewan, parwakilan dari Paguyuban Seruling Senja melaksanakan kegiatan rapat dan sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS - PK).

Dalam kesempatan tersebut, Brigadir F. Febri Tri Suhardi, S.Pd menegaskan bahwa Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak dan garda terdepan Polri senantiasa bersinergitas dengan instansi, lembaga, kelompok masyarakat dan warga masyarakat Meliau guna menciptakan Polisi yang Profesional, Modern, dan Terpercaya dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan prinsip 4S, yakni Speed, Smart, Solid, dan Strong sesuai dengan Program Kapolres Sanggau.

“Mari kita bersama-sama mendukung Program Presiden H. Joko Widodo, yakni Nawacita guna meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan menciptakan Indonesia yang sehat, khususnya di wilayah Meliau”. Tegas Brigadir F. Febri Tri Suhardi, S.Pd dengan penuh semangat dan harapan.

Ditempat terpisah Kapolsek Meliau Iptu M.R. Pardosi, S.H. membenarkan pernyataan personilnya tersebut bahwa Keberhasilan suatu program sangatlah tergantung pada kerjasama, komunikasi, dan koordinasi (3K), terutama program Polri secara umum dan Polsek Meliau khususnya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima (Service For Excelent sesuai tahapan Grand Strategy Polri yang ketiga dengan mengedepankan Nilai Kemanusiaan dan berlandaskan pada prinsip 4S, yaitu Speed, Smart, Solid, dan Strong sesuai dengan program Kapolres Sanggau," ujar Kapolsek Meliau.


Penulis : F. Febri Tri Suhardi. S.Pd
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya