» » » Kegiatan FGD Percepatan Penyelesaian Tapal Batas Desa dan Usulan Perlindungan Wilayah Adat Dan Pemetaan Lahan Pertanian Masyarakat

Kegiatan FGD Percepatan Penyelesaian Tapal Batas Desa dan Usulan Perlindungan Wilayah Adat Dan Pemetaan Lahan Pertanian Masyarakat

Penulis By on Selasa, 11 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Gedung Pertemuan Umum Kecamatan, Dsn. Teraju Barat, Desa Teraju, Kec. Toba, Kabupaten Sanggau, telah dilaksanakan kegiatan FGD (Focus Groub Discussion) pembahasan tentang percepatan penyelesaian Tapal Batas Desa dan usulan perlindungan wilayah adat dan Pemetaan lahan pertanian masyarakat diwilayah Kecamatan Toba, Selasa (11/10).

Kegiatan dihadiri Kapolsek Toba Iptu Nana Supriatna, Kasi Pem Kecamatan Toba Yohanes Selasih, Danramil Toba diwakili Serda Syahbandi, Lembaga Teraju Foundation Agus Sutomo serta peserta kegiatan yang terdiri dari Forkopincam, Para Kades, Kawil dan Tokoh adat wilayah Kecamatan Toba.

Dalam sambutannya Kapolsek Toba menyampaikan Perkenalan Singkat, ucapan terimakasih atas undangan yang disampaikan, serta memohon dukungan seluruh pihak guna terciptanya Situasi Kamtibmas yang kondusif.

Pembahasan mengenai Permasalahan Tapal Batas baik antar Desa maupun Batas Lahan Adat sangat Penting untuk dilakukan percepatan, karena hal ini berdampak menjadi permasalahan Konflik kedepannya, baik antar sesama masyarakat, dengan Perusahaan, serta penentuan Asministratif Pemerintahan.


“Selain Tapal Batas, disampaikan hal lain terkait dengan himbauan Kamtibmas permasalahan-permasalahan yang berpotensi menjadi Konflik dimasyarakat, sehingga diperlukan komunikasi Intens seluruh komponen,” terangnya.

Terkait dengan Kendala Pemetaan pada saat kegiatan disampaikan masing-masing Kades menyampaikan Tekhnik Pemetaan, Batas Wilayah yang berubah, Peralatan, Surat ataupun batas wilayah serta Kurangnya kepedulian masyarakat.

Rekomendasi yang diberikan oleh Sdr. Agus Sutomo (Selaku Lembaga Teraju Foundation) yang dipercaya untuk membantu percepatan Tapal batas yakni dengan Pemberian Training Pemetaan Tim serta melakukan kembali Pertemuan difasilitasi Kecamatan dengan melibatkan tetua-tetua yang mengetahui batas wilayah.
 
Maksud dan tujuan kegiatan adalah mempercepat pemetaan terkait dengan tapal-tapal batas diwilayah Kecamatan Toba, sehingga kedepannya mengeliminir terjadinya Konflik dimasyarakat.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya