» » » Polres Sanggau Gelar Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Antisipasi Penanganan Bencana Tahun 2022

Polres Sanggau Gelar Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Antisipasi Penanganan Bencana Tahun 2022

Penulis By on Kamis, 13 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman Apel Polres Sanggau dilaksanakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Antisipasi Penanganan Bencana Tahun 2022, Kamis (13/10).

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kabagops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung, SH, MH dan Komandan Upacara Ipda Eko Aprianto, S.Sos serta dihadiri Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, SE, M.Si, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Siron, S. Sos, Dansubdenpom Lettu Santoso, Para Kabag, Kasat, Perwira Polres Sanggau serta Kesatuan Upacara terdiri dari Anggota Polres Sanggau, Kodim 1204/Sgu, Manggala Agni, BPBD, Tagana dan Damkar Kabupaten Sanggau.

Dalam amanatnya Kabagops Polres Sanggau mengucapkan pujis yukur kehadirat Allah S.W.T, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan berkah dan karunia-Nya, hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir dalam rangka Apel Kesiapsiagaan Bencana Batingsor Tahun 2022, yang diselenggarakan secara serentak diseluruh Jajaran Polres Sanggau.

“Apel Kesiapsiagaan Bencana Batingsor Tahun 2022 ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan kesiapan kita dalam rangka penanganan bencana Tahun 2022 baik pada aspek personil maupun sarana prasarana, serta kertelibatan unsur terkait,” katanya.

Berdasarkan karakteristik kerawanan daerah diwilayah masing-masing khususnya Kabupaten Sanggau, yang memiliki karakter bencana alam yang khusus, bencana alam yang sering terjadi sesuai dengan kalender Kamtibmas.

“Dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan hampir seluruh wilayah Kalbar terjadi curah hujan yang sangat tinggi di bulan Oktober. Curah hujan di Kalbar melebihi normal dasarian, beberapa diantaranya melebihi ambang batas ekstream,” terangnya.

Di wilayah Kabupaten Sanggau merupakan daerah yang rawan bencana seperti bencana banjir yang sering terjadi, contohnya yang kita alami di bulan Januari Tahun 2022. Faktor terjadinya banjir kita semua tahu, bahwa dari sekian luas wilayah yang menjadi perkebunan, faktor itulah sebagai salah satu pecetus atau penyebab terjadinya bencana alam banjir apabila terjadinya curah hujan yang cukup banyak.


Kompol Sinung mengungkapkan Apel Kesiapsiagaan Bencana Batingsor Tahun 2022 ini dilaksankan sesuai dengan kondisi dan potensi ancaman, saya berharap melalui rencana kita dapat lebih siap, lebih siaga dan memiliki kewaspadaan dalam menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu.
 
“Kita harus tingkatkan kesiapsiagan sehingga apabila terjadi bencana kita sudah siap, masyarakat juga diharapkan dapat menjaga kesadaran adanya kesiapsiagaan serta terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana sehingga dapat meminimalisir adanya korban apabila ada bencana alam,” pesannya.

Dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, diantaranya pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, kedua, karekteristik geografis, iklim dan cuaca disetiap tempat berbeda termasuk Kabupaten Sanggau, pada saat kemarau potensi bencana alam kebakaran hutan dan lahan, pada saat cuaca hujan terjadi banjir dibeberapa Kecamatan. Oleh karenanya Sarpras pun disesuaikan dengan jenis bencana alam yang terjadi di Kabupaten Sanggau.

“Ketiga, dengan terjadinya banjir secara langsung akan berdampak pada kegiatan masyarakat sehari-hari serta akan mengganggu perekonomian terutama arus lalulintas, keempat para aparat yang berada diwilayah harus peduli terhadapblingkungan dan mempunyai kesiapsiagaan serta selalu melatih kemampuan dalam penanggulangan bencana sehingga sewaktu-waktu dibutuh kita siap serta Kelima jaga dan rawat seluruh Sarpras yang ada sehingga dapat memperpanjang usia pakai dan Sarpras tersebut siap digunakan kapanpun dan dimanapun,” sambungnya.

“Selamat bertugas semoga Allah S.W.T, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita semua, dalam melaksanakan  pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara dalam bingkai  persatuan dan kesatuan,” tukasnya.

Dilaksanakan Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Antisipasi Penanganan Bencana Tahun 2022 di Polres Sanggau untuk meningkatkan sinergitas dengan Instansi Terkait serta untuk mengecek kesiapan Personel dan sarana prasarana sebagai tanggungjawab dan kepedulian atas bahaya bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya