» » » Kabagops Hadiri Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kabupaten Sanggau

Kabagops Hadiri Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kabupaten Sanggau

Penulis By on Kamis, 08 Juni 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang Musyawarah Lantai I Kantor Bupati Sanggau dilaksanakan Kegiatan Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kabupaten Sanggau Tahun 2023 serta Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023.

Kegiatan dipimpin oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si., didampingi Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si., Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, Sekda Pemkab Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM., yang dihadiri oleh Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung, S.H., M.H., Kasubagbin Kejari Sanggau Robin P. Hutagalung, SH, para Kadis, Kaban / Perwakilan OPD lingkup Pemkab Sanggau, GOW, DWP, PKK, para Camat se Kabupaten Sanggau, perwakilan BUMD, Swasta serta perwakilan Forum Anak Kabupaten Sanggau.

Dalam penyampaiannya Sekretaris TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Kabupaten Sanggau Drs. Aloysius Yanto, M.Si menyampaikan Regulasi, Mekanisme Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kabupaten Sanggau Th. 2023 Serta Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Rapat Kordinasi TPPS bersama Stakeholder yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan beberapa kesepakatan serta langkah perencanaan yang diambil terkait penanganan stunting di wilayah Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.

Aloysius Yanto mengatakan bahwa Generasi muda merupakan salah satu investasi utama guna mewujudkan Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

Melalui kegiatan ini dalam rangka memberikan pendampingan terhadap keluarga berpotensi stunting, memberikan pelayanan maksimal kepada keluarga berpotensi stuting, memberikan edukasi kepada masyarakat terutama keluarga berpotensi stunting terkait perkembangan pertumbuhan anak, asupan gizi serta pola asuh yang benar diwilayah Kabupaten Sanggau.

“Sasaran prioritas penanganan stunting secara terintegrasi dengan cakupan 15 wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau dengan jumlah anak sebanyak 502 orang,” ucapnya.

Program Pola Bapak dan Bunda Asuh ini akan dilaksanakan selama 5 hari selama 6 bulan mulai Juni 2023 dengan fokus anak stunting berdasarkan locus Desa Penanganan stunting. Dana Program berasal dari dana gotong royong dan sukarela Bapak dan Bunda asuh.


“Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan yaitu Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Daerah Periode 2022-2025 serta meningkatkan kompetensi Forum Anak Daerah Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.

Sementara Bupati Sanggau dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Pencapaian target Pembangunan Kesehatan melalui upaya percepatan penurunan Stunting merupakan salah satu Investasi utama mewujudkan SDM berkualitas.

“Stunting menjadi isu Nasional yang harus dituntaskan dengan target penurunan 14% di akhir 2024. Kabupaten Sanggau sudah bergerak secara terintegrasi dan konvergen dalam penanganan stunting melalui pembentukan TPPS, Perbup Nomor 38 Th 2021,” kata Bupati Sanggau.

Salah satu pembaharuan strategi Percepatan Penurunan Stunting dengan melibatkan semua pihak melalui Program Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS). Hal tersebut sebagai upaya mengeliminasi kasus stunting dengan bergotong royong seluruh elemen bangsa dengan menyasar langsung keluarga beresiko stunting sesuai amanah Presiden dalam Perpres No 72 Th 2021.

“Program BAAS memberikan ruang apresiasi atas kontribusi setiap unsur Pemangku Kepentingan termasuk elemen masyarakat untuk turut ambil bagian dalam upaya Percepatan penanganan stunting dalam pelaksanaannya mengacu pada Panduan BAAS BKKBN Tahun 2022,” ucapnya.

“Dengan Rahmat Tuhan YME Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kabupaten Sanggau Th. 2023 Serta Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka semoga Tuhan YME Senantiasa memberikan Petunjuk dan Bimbingan kepada kita semua,” pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan Pengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kabupaten Sanggau Th. 2023 serta Pembentukan dan Penguatan Kapasitas Forum Anak Kabupaten Sanggau Tahun 2023 merupakan langkah strategis dan terintegrasi Unsur Pemangku Kepentingan, Stakeholder bersama elemen masyarakat dalam upaya Percepatan penanganan stunting serta target capaian perolehan penurunan angka stunting akhir Tahun 2024 khususnya di wilayah Kabupaten Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya