» » » Sambut Hari Bhayangkara ke-77 Polres Sanggau Gelar Perlombaan Sumpit dan Gasing “Gemilang Nusantara”

Sambut Hari Bhayangkara ke-77 Polres Sanggau Gelar Perlombaan Sumpit dan Gasing “Gemilang Nusantara”

Penulis By on Sabtu, 17 Juni 2023 | No comments


Polres Sanggau - Dalam ranga menyambut memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Polres Sanggau menggelar Perlombaan Sumpit dan Gasing “Gemilang Nusantara” yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Sanggau.

Kegiatan lomba di buka oleh Kabagren Polres Sanggau AKP Priyono, dihadiri oleh Kasat Intelkam Polres Sanggau Iptu Suhartoto, Panitia Pelaksana dari Sat Intelkam Polres Sanggau, Para Juri dari Komunitas Sumpit Kabupaten Sanggau, para Juri dari Komunitas Gasing Kabupaten Sanggau, peserta lomba dari 15 Polsek Jajaran polres Sanggau.

Dalam sambutannya Kabagren mengajak untuk memenjatkan puji syukur atas kehadiran Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan ridho nya kita dapat hadir dalam pembukaan perlombaan sumpit dan gasing dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 tahun 2023 yang merupakan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sanggau.

“Kegiatan ini di laksanakan selama 1 hari yang diikuti sebanyak 60 peserta dari 15 Kecamatan di wilayah Kabupaten Sanggau,” katanya.

AKP Priyono menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari Bhayangkara ke-77 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2023 dengan tema “Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”.

“Perlombaan gasing dan sumpit merupakan wujud Polri dalam melestarikan budaya kearifan lokal di Kalbar khususnya Kabupaten Sanggau yang terus dijunjung dan dihargai guna mendukung Polri yang presisi demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang, pada pada saat dan pasca Pemilu Serentak Tahun 2023,” katanya.


“Dari hasil pertandingan sumpit dan gasing ini mengharapkan terjalinnya hubungan dan komunikasi yang baik serta dapat merajut kebersamaan dan juga kedepannya terdapat bibit-bibit atlit pesaing dan pesumpit yang handal, jika nantinya kegiatan ini dijadikan cabang olahraga yang akan di pertandingkan ke tingkat Provinsi dan Nasional,” punkasnya.

Adapun pemenang Sumpit Putra diantaranya Juara I Kornelius Daka perwakilan Polsek Kembayan dengan nilai 320, Juara II Stepanus Donatus perwakilan Polsek Sekayam dengan nilai 260 dan Juara III Suryanto perwakilan Polsek Mukok dengan nilai 250. Sementara Pemenang Sumpit Putri Juara I Perda Mulyanu perwakilan Polsek Sekayam dengan nilai 410, Juara II Siskawati perwakilan Polsek Kembayan dengan nilai 360 dan Juara III Marina perwakilan Polsek Kembayan dengan nilai 320.

Sedangan untuk pemenang Gasing Juara I Sahib Perwakilan Polres Sanggau, Juara II Syafarudin Perwakilan Polsek Sekayam dan Juara III Sujatmiko Perwakilan Kembayan.

Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K., M.A.P.

Dilaksanakannya perlombaan sumpit dan gasing dalam rangka hari Bhayangkara ke-77 guna mewujudkan serta melestarikan budaya kearifan lokal Kalbar khususnya di Kabupaten Sanggau yang terus di junjung, di hargai guna mendukung Polri yang presisi demi terciptanya situasi dan kondusif menjelang pada saat dan pasca Pemilu serentak Tahun 2024.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya