» » » Anggota Jaga Polsek Meliau gelar Patroli Dialogis Siang Hari

Anggota Jaga Polsek Meliau gelar Patroli Dialogis Siang Hari

Penulis By on Minggu, 02 Juli 2023 | No comments


Polres Sanggau - Patroli dialogis siang hari merupakan kegiatan yang dilakukan oleh anggota Polsek Meliau untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kerjanya sambil berinteraksi dengan warga secara langsung.

Dalam patroli dialogis siang hari, anggota Polsek Meliau melakukan pemantauan aktif terhadap situasi sekitar sambil menjalin dialog dengan warga yang mereka temui.

Kegiatan Patroli dipimpin oleh KSPK Regu I Polsek Meliau Aiptu J. Situmorang bersama Aipda Heri Suswanto.

Pada kegiatan Patroli, Aiptu J. Situmorang bersama rekannya memantau situasi keamanan di sekitar wilayah Kecamatan Meliau serta mengawasi aktivitas di lingkungan, mengamati lalu lintas, dan mencari tahu adanya potensi kejahatan atau masalah keamanan lainnya.

Anggota Polsek Meliau berinteraksi dengan warga yang mereka temui dan berdialog dengan warga, mendengarkan keluhan, masukan, atau pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh warga.

“Tujuan utama dari interaksi ini adalah mempererat hubungan antara polisi dan masyarakat serta membangun kepercayaan,” kata Aiptu Situmorang.

Dirinya juga memberikan himbauan keamanan kepada warga yang mereka temui dan memberikan informasi tentang cara mencegah kejahatan, menjaga keamanan di rumah, atau memberikan saran tentang tindakan yang harus diambil dalam situasi darurat.

“Selama patroli dialogis, Kami juga mencoba untuk mengumpulkan informasi yang berguna untuk kegiatan penegakan hukum. Informasi ini dapat berupa laporan kejahatan, aktivitas yang mencurigakan, atau gangguan keamanan lainnya. Hal ini membantu kami dalam melakukan tindakan pencegahan dan penegakan hukum yang lebih efektif,” ungkap Aiptu Situmorang.

“Jika warga memiliki keluhan atau permasalahan tertentu, kami akan berusaha untuk memberikan bantuan atau menyelesaikan masalah tersebut serta memberikan arahan atau mengarahkan warga kepada instansi atau pihak yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut,” tambahnya.

Aiptu Situmorang mengungkapkan bahwa Patroli dialogis ini merupakan salah satu bentuk upaya kepolisian khususnya Polsek Meliau dalam menjaga keamanan, memperkuat hubungan dengan masyarakat, dan merespons kebutuhan serta masalah yang ada di lingkungan sekitar.

“Dengan adanya patroli dialogis, diharapkan dapat tercipta kerjasama yang baik antara polisi dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah tersebut,” tukasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya