» » » Kabagops Polres Sanggau Hadiri Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Kabupaten Sanggau

Kabagops Polres Sanggau Hadiri Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Kabupaten Sanggau

Penulis By on Rabu, 12 Juli 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Hotel Harvey Sanggau dilaksanakan kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana Kabupaten/Kota Tahun 2023 oleh BPBD Kabupaten Sanggau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sanggau Poulus Hadi, S.IP, M.Si, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, Plt. BPBD Kabupaten Sanggau Budi Darmawan, S.TP., M.M., Kabagops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung, SH, MH, Perwakilan BPBD Provinsi Kalbar Erfandi, SE, M.Si, Kepala Basarnas Provinsi Kalbar I Made Junetra, Perwakilan Kejari Sanggau, Perwakilan Dinkes Kabupaten Sanggau, Perwakilan Dishub Kabupaten Sanggau, Camat Jajaran Kabupaten Sanggau, TRC-BPBD Kabupaten Sanggau, Manggala Agni Kabupaten Sanggau dan 60 orang Tim Tanggap, Tangkas, Tangguh BPBD Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya Bupati Sanggau menyampaian ucapan puji syukur karena dapat melaksanakan kegiatan.

Paolus Hadi mengatakan bahwa Pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana Kabupaten/Kota merupakan kewajiban Pemda, karena perencanaan, penanganan dan pengulangan bencana sangat penting dilakukan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Sanggau memaparkan anggaran terkait penanganan bencana.

“Terkait penanganan bencana agar dilibatkan masyarakat dan perusahaan setempat. Adapun wilayah Kabupaten Sanggau rawan potensi terjadinya bencana Karhutla, banjir dan tanah longsor,” ungkapnya.


Bupati Sanggau berharap semoga para peserta tetap semangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan. “Secara resmi kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana Kabupaten/Kota Tahun 2023 saya buka,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tanda keikutsertaan kepada para peserta dan penyerahan peralatan/perlengkapan serta sarana/prasarana Mitigasi Bencana kepada Pemerintah Kecamatan Kapuas, Jangkang, Mukok dan Toba.

Adapun sarana/prasarana Mitigasi Bencana yang diserahkan kepada Pemerintah Kecamatan Kapuas, Jangkang, Mukok dan Toba diantaranya 4 unit Perahu Karet (masing-masing Kecamatan 1 unit), 4 buah Chainsaw (masing-masing Kecamatan 1 buah), 4 buah Tenda Regu / Tenda Keluarga (masing-masing Kecamatan 1 buah), 16 buah Life Jacket Retter Pelampung Riverside (masing-masing Kecamatan 4 buah), 12 buah Sekop (masing-masing Kecamatan 3 buah), 12 buah Cangkul (masing-masing Kecamatan 3 buah) dan 12 buah Senter Kepala Jumbo (masing-masing Kecamatan 3 buah).

Untuk materi yang disampaikan Narsum dalam kegiatan diantaranya Kebijakan Pemkab Sanggau dalam penanggulangan bencana, Dukungan TNI- Polri dalam penanggulangan bencana, Peningkatan kesadaran dan penegakan hukum dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana oleh Kejari Sanggau/mewakili, Kebijakan penanggulangan bencana di Provinsi Kalbar oleh BPBD Provinsi Kalbar, Dasar-dasar manajemen rescue penanggulangan bencana oleh Basarnas Provinsi Kalbar serta Kebijakan penanggulangan bencana di Kabupaten Sanggau oleh BPBD Kabupaten Sanggau.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan para peserta sehingga menimbulkan kepercayaan diri dalam berkerja khususnya dalam pencegahan dan mitigasi bencana.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya