» » » Kabagops Polres Sanggau Hadiri Pembukaan Pekan Gawai Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau Tahun 2024

Kabagops Polres Sanggau Hadiri Pembukaan Pekan Gawai Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau Tahun 2024

Penulis By on Minggu, 07 Juli 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Rumah Betang Raya Dori 'Mpulor Desa Sei Mawang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Rangkaian Kegiatan Pembukaan Gawai Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau Tahun 2024.

Kegiatan dihadiri oleh anggota DPR RI Lasarus, S. Sos, M. Si, Asisten II Pemprov Kalbar Drs. Ignasius IK, S.H., M.Si, PJ. Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H., Sekretaris DAD Prov. Kalbar Thadeus Yus, SH, M.PA, Pemuntuh Agung DAD Kabupaten Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Ketua DAD Kabupaten Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi, S.Sos, M.Pd, Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, S.H., M.A.P., Kasdim 1204/Sgu Mayor Arm Duloh, PJ. Sekda Kabupaten Sanggau L. Toto Martono, S.Sos, M.Si., Ketua Panitia Gawai Dayak XX Kubin, S.P., M.Si, Kepala Instansi Vertikal Kabupaten Sanggau, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua DAD 15 Kecamatan, Ketua Paguyuban Kabupaten Sanggau, Tomas, Toga, Todat serta Tamu undangan.

Kegiatan diawali dengan upacara penyambutan Pomang Pembuka, Pancung Buluh Muda, Injak Telur, Tabur Beras Kuning dan Tincong didepan Rumah Betang. Selanjutnya seluruh tamu undangan bergerak menuju jurong dan balai adat, Ncangi Podi di Jurong fan Pamong di Balai Adat.

Dalam pembukaan Gawai Adat Tersebut, PJ. Bupati Sanggau dalam sambutannya mengatakan selaku umat yang beragama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga pada hari ini kita bisa mengikuti upacara Pembukaan Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau Tahun 2024.

“Pada kesempatan yang berbahagia dan bersejarah ini secara pribadi dan jabatan saya pertama kali secara resmi mengikuti kegiatan Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi ini, namun dengan pelaksanaan yang kedua puluh ini saya yakin dan percaya bahwa kegiatan ini merupakan sebuah upaya dari seluruh masyarakat Adat Dayak diKabupaten Sanggau untuk mengucapkan syukur dan terima kasih kepada jubata penompa, Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan rejeki yang diberikan,” unkap Suherman.

“Semoga Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau Tahun 2024 ini bisa menjadi momentum yang efektif bagi kita seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, menggelorakan semangat gotong-royong untuk bersama-sama terus membangun kabupaten sanggau yang lebih baik dan lebih maju dari waktu ke waktu dan ini sesuai dengan tema pelaksanaan yaitu dayak bersatu, melangkah bersama yang nilai esensinya sangat berkaitan erat dengan kondisi dan tujuan yang ingin dicapai masyarakat adat Dayak,” sambungnya.

PJ. Bupati Sanggau mengungkapkan bahwa pelaksanaan Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau tahun 2024 merupakan salah satu bentuk implementasi dari Seven Brand Images terutama pada nilai sanggau berbudaya dan beriman.

“Dalam hal ini, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau kami mengucapkan terima kasih kepada DAD Kabupaten Sanggau yang didukung oleh seluruh DAD Kecamatan dan para Temenggung Adat atas dedikasinya untuk terus menjaga tradisi dan marwah adat masyarakat dayak khususnya di Kabupaten Sanggau dan implementasinya salah satu melalui pelaksanaan kegiatan ini dan kedepannya banyak kegiatan adat lainnya terus digali dan dilestarikan demi tujuan tercapainya Sanggau bermartabat. sebagai unsur Pemerintah Daerah, kami akan terus berupaya hadir mendukung kegiatan tersebut agar menjadi sebuah agenda prioritas dari semua pihak,” terangnya.


Dalam pelaksanaan kegiatan Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau tahun 2024 yang sangat meriah ini, Suherman menyampaikan beberapa hal yang patut menjadi perhatian kita semua. Sebagai kepala daerah, saya sangat berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dapat semakin baik dan terus diperjuangkan agar menjadi agenda nasional yang akhirnya berdampak terhadap tumbuhnya ekonomi kreatif, menjadi kegiatan wisata budaya dan pelestarian adat budaya yang juga berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan pelaku usaha transportasi, akomodasi, hotel, restoran dan UMKM.

“Kami juga ingin menyampaikan, sebentar lagi Kabupaten Sanggau akan melaksanakan kontestasi pemilihan Kepada Daerah, saya berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah nanti dapat berjalan dengan baik, jujur, dan aman. kami mengharapkan agar seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau khususnya masyarakat adat dayak untuk dapat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pilkada baik sebagai petugas pemilihan maupun hadir langsung dalam hari pemilihan nanti. mari kita ciptakan Pilkada yang aman dan damai,” pesannya.

Kami sangat mendukung pelaksanaan Gawai Dayak ini melarang adanya Arak dan Narkoba. hal ini adalah sebagai bentuk upaya kita semua untuk menjadikan masyarakat adat dayak dan masyarakat Kabupaten Sanggau yang semakin baik dan bermartabat. Kita semua mengetahui bahwa dampak yang disebabkan oleh Arak dan Narkoba ini sangat tidak baik, tidak hanya berdampak bagi kesehatan namun juga berdampak bagi pribadi, keluarga dan masyarakat disekitar. mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat Kabupaten Sanggau yang sehat dan bebas dari Narkoba.

Suksesnya kegiatan ini adalah sebuah kerja keras dari kita semua dan semua pihak yang terlibat didalamnya. kami Pemerintah Daerah akan terus hadir untuk mendukungnya, namun demikian kita semua diharapkan memiliki komitmen dalam upaya membangun keterlibatan masyarakat secara umum dan masyarakat adat dayak secara khusus dalam mewujudkan Kabupaten Sanggau berbudaya dan beriman.

“Mari kita terus merasa bangga menjadi bagian dari masyarakat diKabupaten Sanggau yang pluraris dan mari ikut terlibat dalam banyak agenda dan program Pemerintah Daerah baik secara fisik maupun melalui saran dan kritikan yang membangun. sekali lagi saya mengucapkan kepada seluruh masyarakat adat dayak di Kabupaten Sanggau selamat Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau tahun 2024 Dayak Bersatu, Melangkah Bersama,” tukasnya.

Kegiatan Gawai Dayak Nosu Minu Podi Kabupaten Sanggau merupakan agenda rutin DAD Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas panen padi yang diperoleh dan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi masyarakat Adat Dayak dalam memajukan Budaya Dayak.
 
Pelaksanaan Gawai Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau Tahun 2024 dilaksanakan Pengamanan oleh Personil Polres Sanggau dan Polsek Jajaran sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Sanggau Nomor: Sprin/1262/VII/PAM.3.3./2024 tanggal 54 Juli 2024 Tentang Pengamanan Gawai Dayak Nosu Minu Podi XX Kabupaten Sanggau Tahun 2024.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya