» » » Kegiatan Gaktiblin oleh Bid Propam Polda Kalbar di Polres Sanggau

Kegiatan Gaktiblin oleh Bid Propam Polda Kalbar di Polres Sanggau

Penulis By on Rabu, 24 Juli 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bid Propam Polda Kalbar melaksanakan kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) di Mapolres Sanggau. Kegiatan ini dipimpin oleh Kaur Binplin Bidpropam Polda Kalbar, Kompol Sunarto, SH, bersama tujuh personel Bidpropam Polda Kalbar.

Acara ini dihadiri oleh Wakapolres Sanggau, Kompol Yafet Efraim Patabang, S.H., S.I.K., para Pejabat Utama (PJU) Polres Sanggau, Kapolsek Kapuas, serta personel dari Polres Sanggau dan Polsek Kapuas. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memastikan kepatuhan personel terhadap aturan dan kode etik kepolisian.

Dalam arahannya, Kompol Sunarto, S.H., menegaskan agar tidak ada personel Polres Sanggau yang terlibat dalam praktik perjudian, baik secara langsung maupun online. Ia mengingatkan bahwa keterlibatan dalam perjudian bisa merusak citra kepolisian dan menurunkan kepercayaan publik.

Kompol Sunarto juga menekankan pentingnya menghindari perilaku menyimpang, termasuk LGBT, di kalangan anggota Polri. Menurutnya, setiap anggota Polri harus menjaga integritas dan moralitas yang tinggi sebagai panutan masyarakat.


Selain itu, Kompol Sunarto mengingatkan agar tidak ada anggota Polri yang terlibat dalam jaringan atau penyalahgunaan narkoba. Ia menegaskan bahwa tindakan tegas akan diambil terhadap siapapun yang terbukti melanggar.

Dalam kegiatan Gaktiblin ini, dilakukan pengecekan sikap tampang, kelengkapan seragam (ganpol), dan identitas diri personel. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan tes urine narkoba terhadap tujuh perwakilan personel dari Polsek Sanggau dan Polsek Kapuas.

Kapolres Sanggau, AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, S.H., S.I.K., melalui Kasi Humas Polres Sanggau, Iptu Keken Sukendar, menyampaikan dari hasil kegiatan tersebut masih ditemukan ketidakseragaman terkait kelengkapan seragam (ganpol) dan beberapa seragam yang warnanya pudar. Namun, hasil tes urine narkoba terhadap tujuh personel tersebut dinyatakan negatif.

“Pelaksanaan Gaktiblin ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang melibatkan Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP). Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk memastikan integritas dan disiplin anggota Polri tetap terjaga,” pungkasnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya