» » » Kegiatan Patroli Gabungan dalam Rangka Himbauan Cegah Karhutla

Kegiatan Patroli Gabungan dalam Rangka Himbauan Cegah Karhutla

Penulis By on Minggu, 21 Juli 2024 | No comments


Polres Sanggau - Dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kapolsek Toba, AKP Nana Supriatna, memimpin kegiatan patroli gabungan di halaman Mako Polsek Toba. Kegiatan ini bertujuan memberikan arahan dan himbauan kepada masyarakat tentang dampak negatif Karhutla.

Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk Kasi Trantib Kecamatan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, perwakilan dari perusahaan PT MTI, serta tokoh masyarakat setempat. Mereka bersatu dalam patroli gabungan untuk memberikan edukasi langsung kepada warga.

Patroli gabungan ini menyasar Dusun Kelapuk, Desa Kampung Baru, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau.

Tujuan utama dari patroli ini adalah untuk melakukan pengecekan lokasi serta mencatat nama-nama warga yang sudah melakukan pembersihan lahan yang akan dibakar untuk berladang.

Kapolsek Toba, AKP Nana Supriatna, menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk memastikan warga mematuhi peraturan pemerintah terkait pembukaan lahan.

“Kami berharap masyarakat dapat mentaati peraturan pemerintah sesuai dengan Pergub dan Perbub tentang tata cara membuka lahan dengan cara membakar berdasarkan kearifan lokal,” ujarnya.


Selama patroli, petugas memberikan edukasi kepada warga mengenai dampak buruk dari Karhutla. Mereka juga menekankan pentingnya mengikuti Peraturan yang dikeluarkan oleh Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati Sanggau untuk mencegah terjadinya Karhutla yang lebih luas.

Patroli gabungan ini juga menjadi ajang untuk mendengarkan keluhan dan saran dari masyarakat terkait pembukaan lahan. Masyarakat diminta untuk melaporkan jika menemukan aktivitas pembakaran lahan yang tidak sesuai dengan aturan.

Kegiatan ini berlangsung dalam suasana aman dan kondusif. Masyarakat terlihat antusias menerima edukasi dan himbauan dari petugas, yang berharap kegiatan serupa dapat rutin dilakukan untuk mencegah Karhutla di masa mendatang.

Diharapkan, dengan adanya patroli gabungan ini, kesadaran masyarakat akan bahaya Karhutla meningkat, sehingga dapat mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Toba.

Kapolsek Toba menegaskan komitmen pihaknya untuk terus melakukan patroli dan sosialisasi demi menjaga kelestarian lingkungan.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya