» » » Kapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja Kapuas 2024 di Wilkum Polres Sanggau

Kapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Praja Kapuas 2024 di Wilkum Polres Sanggau

Penulis By on Senin, 26 Agustus 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Lapangan Sabang Merah Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Tahun 2024 dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilkum Polres Sanggau.

Selaku Inspektur Apel Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, Komandan Apel Kasat Samapta Polres Sanggau Iptu Supariyanto, SH dihadiri oleh Pj. Sekda PemKabupaten Sanggau L. Toto Martono, S.Sos, M.Si, Kasdim 1204/Sgu Mayor Arm Duloh, Kajari Sanggau diwakili oleh Kasi Pidum Bilal Bimantara, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Haklainul Dunggio, SH, MH, Kepala Rutan Kls ll B Sanggau Donni Isa Dermawan, A. Md.I.P, SH, M.Si, Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau Sdri. Septiana Ika Kristia, S.Sos, Komisioner KPU Sanggau, Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Kasat Pol PP Kabupaten Sanggau, Dansubdenpom Sanggau, beserta PJU, Danki Brimob Sanggau, Kapolsek Jajaran, Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau serta Barisan Perwira, Provos, Kodim 1204 Sanggau, Brimob, Sabara, Gabungan Personil Polres Sanggau dan Polsek Jajaran, Sat Lantas, Reskrim, Intel, Damkar, Sat Pol PP, Dishub, BPBD, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dan kendaran Dinas.

Dalam amanatnya Kapolres Sanggau mengatakan bahwa Gelar pasukan hari ini merupakan pengecekan dan persiapan akhir atas kesiapan seluruh personel, peralatan, dan strategi yang akan diterapkan dalam mengamankan jalannya setiap tahapan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2024 di wilayah Hukum Polres Sanggau.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan momentum krusial demokrasi yang akan menentukan arah kebijakan dan masa depan Kabupaten Sanggau 5 tahun kedepan.

Setiap yang diberikan berkontribusi terhadap kemajuan daerah di berbagai sektor kehidupan, sehingga kelancaran dan keamanan menjadi faktor penting untuk memastikan masyarakat dapat turut berpartisipasi memilih pemimpin yang tepat.

“Dalam pelaksanaan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tentunya ada beberapa potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama, seperti ketegangan antar pendukung pasangan Calon yang dapat memicu konflik sosial dan politik, ancaman kecurangan seperti politik uang, manipulasi suara, dan intimidasi terhadap pemilih bisa mencederai integritas serta cepercayaan publik terhadap hasil pemilihan,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting, kita juga harus mengantisipasi potensi rendahnya partisipasi masyarakat atau golput, yang bisa terjadi akibat terhadap proses demokrasi serta ketidak percayaan,” ungkap Kapolres Sanggau.

AKBP Suparno mengatakan dalam beberapa kasus, kemungkinan terjadinya Pemilihan Suara Ulang (PSU) akibat kecurangan atau pelanggaran serius juga perlu diwaspadai, karena ini bisa menambah kompleksitas situasi yang harus kita amankan.

“Berdasarkan potensi kerawanan, dalam rangka mengamankan seluruh tahapan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, polres sanggau menggelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Kapuas-2024, yang dilaksanakan selama 127 hari, terhitung sejak tanggal 27 Agustus 2024 hingga 31 Desember 2024, dengan melibatkan sebanyak 454 personel di seluruh jajaran Polres Sanggau,” katanya.


Pada kesempatan tersebut, Kapolres Sanggau menyampaikan beberapa arahan dan langkah antisipatif yang harus dipedomani oleh seluruh peserta apel gelar pasukan diantaranya, Laksanakan kerawanan pemetaan secara menyeluruh, lakukan pemetaan potensi konflik, daerah rawan golput, dan potensi kecurangan dengan seksama. Identifikasi kelompok-kelompok yang berpotensi memicu gangguan kamtibmas, segera lakukan pendekatan dialogis dan humanis untuk mencegah hal tersebut.

“Penegakan hukum yang tegas dan transparan menjadi kunci kepercayaan publik, segera tangani setiap pelanggaran dan kecurangan yang terjadi selama tahapan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati secara tegas, namun tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip hukum dan keadilan,” ucapnya.

Gencarkan sosialisasi dan amplifikasikan berita positif di berbagai platform media, berikan literasi kepada masyarakat untuk memilih berdasarkan kompetensi, bukan karena tekanan atau politisasi yang tidak jelas, sekaligus lakukan Counter Opini terhadap berita hoaks dan isu-isu sara di media cetak/elektronik serta Jalin koordinasi yang solid dan kolaboratif dengan seluruh pihak, sinergi yang solid di antara seluruh pihak adalah kunci untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif.

Pastikan setiap personel memiliki kesiapan tinggi dalam merespon cepat setiap gangguan kamtibmas, lakukan pengawasan dan pemantauan secara ketat di setiap tahapan, dari awal hingga akhir proses pemungutan suara, dengan mengoptimalkan jaringan komunikasi dan aplikasi Early Warning System (EWS) dan sistem operasi terpadu (SOT).

“Dan yang terakhir Jaga netralitas selama pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur kalbar serta pemilihan bupati dan wakil bupati untuk memastikan demokrasi berjalan adil, mencegah conflict of interest dan menjaga kepercayaan publik,” ungkap AKBP Suparno.

Kapolres Sanggau juga mengajak untuk laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab demi terciptanya situasi yang aman, tertib, dan kondusif selama pelaksanaan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar.

“Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang sukses adalah ketika setiap suara dihargai dan demokrasi ditegakkan tanpa kompromi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada nusa dan bangsa,” pungkasnya.

Dilaksanakan kegiatan merupakan pengecekan dan persiapan akhir atas kesiapan seluruh personel, peralatan, dan strategi yang akan diterapkan dalam mengamankan jalannya setiap tahapan Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2024 di Wilkum Polres Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya