» » » Kegiatan Latihan Pra Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024”

Kegiatan Latihan Pra Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024”

Penulis By on Senin, 19 Agustus 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Graha Wirapratama Polres Sanggau, Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, dilaksanakan Latihan Pra Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024”.

Kegiatan Latihan Pra Operasi dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, didampingi Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, SH, M.AP, dihadiri PJU Polres Sanggau, Para Kapolsek Jajaran Polres Sanggau serta diikuti oleh 110 Personil Polres Sanggau dan Polsek Jajaran sebagai Peserta Kegiatan Latpraops.

Dalam arahannya, Kapolres Sanggau mengucapkan terimakasih seluruh PJU, para Perwira serta personil Polres Sanggau masih semangat dalam melaksanakan kegiatan ini.

“Tujuan Latpraops untuk menunjang pelaksanaan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Kapuas-2024, agar kita dapat memahami pelaksanaan tugas-tugas kita kedepan dalam operasi Kepolisian terpusat,” terangnya.

AKBP Suparno meminta kepada Para Kasatgas / Kasubsatgas berikan materi dan penjabaran tugas sehingga seluruh personil yang terlibat dapat memahami dan mampu melaksanakan tugasnya tanpa ragu-ragu dengan mempedomani peraturan yang berlaku.

“Diharapkan kepada seluruh Personil perbanyak dalam mencari Informasi terkait Perkembangan Situasi Pada Pelaksanaan Operasi Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Sanggau,” terangnya.

Kapolres Sanggau menungkapkan bahwa Dinamika Operasi agar dilaksanakan dengan baik dan dilakukan kerjasama yang baik tingkatkan Pola Pikir agar sesuai dengan Pola tindak.


“Saya minta agar Personil Tingkatkan Kewaspadaan Setiap Potensi-potensi kerawanan yang dapat mengganggu Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 dan antisipasi terjadinya Politik Identitas di wilayah hukum Polres Sanggau,” pesannya.

“Jalin komunikasi yang baik dengan seluruh Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat di wilayah masing-masing,” sambung AKBP Suparno.

Ia meminta pelaksanaan Operasi ini membawa Marwah nama baik Polri khususnya Polres Sanggau, kita harus serius dan All Out dalam setiap tahapan serta mereduksi setiap permasalahan yang terjadi dan segera di mitigasi supaya tidak mengganggu pelaksanaan Pilkada Di Kabupaten Sanggau.

“Kepada Para Kapolsek agar dapat mengelola situasi di wilayah hukum masing-masing, lakukan deteksi dini dan deteksi aksi, cegah setiap permasalahan yang berpotensi dapat mengganggu pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sanggau. Biar kita capek asal jadwal pilkada sesuai dan tidak adalagi pelaksanaan PSU ataupun PSL,” pintanya.

“Kepada para Kapolsek segera buat renpam berdasarkan kerawanan daerahnya, jika tidak mengerti Surati Kabag ops, kemudian tanyakan dengan kasat Intel terkait dengan perkembangan situasi terkini agar dapat mengantisipasi. Lebih baik kecele dari pada kecolongan. Silahkan dipahami materi dalam Latpraops ini, agar didapatkan ilmu pengetahuan serta memahami tugas dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Kapuas-2024, pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyampaian Materi oleh Kabag Ops Polres Sanggau, Kasat Intelkam Polres Sanggau, Kasat Samapta Polres Sanggau, Kasat Lantas Polres Sanggau, Kasat Reskrim Polres Sanggau, Kasi Humas Polres Sanggau, Kabag Log Polres Sanggau dan Kasi Was Polres Sanggau.

Latihan Pra Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024” dilaksanakan untuk untuk menyamakan persepsi serta cara bertindak serta untuk meningkatkan kemampuan Personil Polres Sanggau dalam pelaksanaan tugas di masing-masing Satgas dan Subsatgas.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya