» » » Polres Sanggau Gelar Simulasi Sispamkota Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Tahun 2024

Polres Sanggau Gelar Simulasi Sispamkota Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Tahun 2024

Penulis By on Sabtu, 24 Agustus 2024 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau melaksanakan kegiatan Simulasi Sispamkota dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sanggau yang  laksanakan di lapangan komplek Sabang Merah Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K beserta PJU dan Kapolsek Jajaran, PJ. Bupati Sanggau Suherman, SH, MH, Kasdim 1204/Sgu Mayor Arm Duloh,  Kajari Sanggau diwakili oleh Kasi Pidum Bilal Bimantara, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Haklainul Dunggio, SH, MH, Kepala Rutan Kelas ll B Sanggau Donni Isa Dermawan, A.Md.I.P, SH, M. Si, Komisioner KPU Sanggau, Komisioner Bawaslu Sanggau, perwakilan anggota Parpol Kabupaten Sanggau, para Ketua Ormas Kabupaten Sanggau dan Awak Media.

Dalam sambutannya, PJ. Bupati Sanggau menyampaikan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Personel yang terlibat dalam kegiatan simulasi sispamkota ini.

Suherman menjelaskan Adapun tujuan pelaksanaan simulasi sispamkota ini adalah untuk memberikan gambaran serta menjadi pedoman kepada seluruh Personel yang akan melaksanakan pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sanggau serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2024 diwilayah Kabupaten Sanggau.

“Kegiatan Simulasi Sispamkota ini juga merupakan bukti dari kesiapan Polres Sanggau dalam mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pilkada Tahun 2024 khususnya di wilayah Kabupaten Sanggau dan peragaan Simulasi Sispamkota merupakan cara bertindak Kepolisian dengan didukung instansi terkait terhadap potensi kerawanan yang terjadi dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 di wilayah Kabupaten Sanggau, sehingga nantinya rekan-rekan dilapangan tidak ragu dalam bertindak serta menguasai aturan dengan baik dan paham apa yang menjadi tugasnya,” terangnya.

“Agar terciptanya Harkamtibmas di Wilayah Kabupaten Sanggau khususnya dalam Pilkada Tahun 2024 ini tentunya kami dari Pemerintah daerah Kabupaten Sanggau akan selalu bekerjasama dan bersinergi dengan Polres Sanggau, Kodim 1204 Sanggau, dan penyelenggara Pilkada lainnya, agar Pilkada Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Sanggau ini dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif tanpa adanya gangguan dan hambatan,” tukasnya.

Kegiatan simulasi Sispamkota diperankan oleh personil Polres Sanggau, Personil Polsek Jajaran Polres Sanggau, Personil Sat Brimob C Sanggau, Personil Kodim 1204 Sanggau, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Sanggau.


Dalam Skenarionya dilaksanakan Patroli Bersama yang melibautkan TNI/Polri dan Satpol PP melaksanakan patroli untuk menciptakan kondisi aman menjelang Pilkada.

Selanjutnya tahap Pemungutan Suara, Pengamanan saat masyarakat melakukan pencoblosan, termasuk penanganan gangguan oleh warga yang mabuk. Tahap Penghitungan Suara, Penanganan situasi saat terjadi kericuhan terkait hasil penghitungan suara.

Tahap Pengawalan Kotak Suara, Pengamanan terhadap upaya penghadangan kotak suara oleh kelompok tertentu. Tahap Kerusuhan Pasca Penghitungan Suara, Penanganan aksi anarkis massa yang tidak puas dengan hasil Pilkada.

Tahap Penyelamatan Ketua dan Komisioner KPU, Evakuasi ketua dan komisioner KPU di tengah situasi tidak terkendali, Tahap Penanganan Massa Agresif, Pengendalian massa yang melawan petugas dengan formasi khusus dan peralatan taktis serta Tahap Recovery, Patroli gabungan pasca kerusuhan untuk memastikan situasi kembali kondusif.

Kegiatan simulasi ini berlangsung dengan aman dan tertib, sebagai langkah strategis untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi berbagai potensi ancaman dan situasi kontingensi pada Pilkada 2024.

Kapolre Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah melalui Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono menjelaskan bahwa Simulasi Sispamkota yang telah dilaksanakan merupakan langkah penyusunan strategi pengamanan yang efektif dalam menangani situasi pengamanan kota dan kontijensi, khususnya menjelang pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu dalam rangka meningkatkan kesiapan para Personil pengamanan dalam menghadapi potensi ancaman dan mengendalikan situasi yang dapat mengganggu Kamtibmas pada Pilkada 2024,” tukasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya