» » » Satgas Saber Pungli Kabupaten Sanggau Sosialisasi Pelayanan Publik di Parindu

Satgas Saber Pungli Kabupaten Sanggau Sosialisasi Pelayanan Publik di Parindu

Penulis By on Kamis, 01 Agustus 2024 | No comments


Polres Sanggau - Satgas Saber Pungli UPP Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan sosialisasi terhadap pelayanan publik yang ada di Kabupaten Sanggau.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Sanggau, yang juga merupakan Waka Polres Sanggau, Kompol Yafet Efraim Patabang, S.H., S.I.K., dan didampingi oleh Wakil Ketua 1, Edward Sianturi, S.T dari Inspektorat Kabupaten Sanggau, serta Kaposko UPP Saber Pungli Kabupaten Sanggau, Iptu Matias Yulian, bersama Sekretaris Posko, Bripka Henra Hutasoit, dan anggota UPP Saber Pungli.

Dalam sambutannya, Ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Sanggau menjelaskan bahwa UPP Saber Pungli ini dibentuk berdasarkan Perpres nomor 87 Tahun 2016 dengan tujuan untuk memberantas pungutan liar yang mungkin telah terjadi di beberapa tempat pelayanan publik, khususnya di Kabupaten Sanggau.

“Kami mengajak seluruh pegawai di lingkungan Kecamatan Parindu maupun Puskesmas Parindu untuk menghindari pungutan liar, karena berdasarkan undang-undang, pungutan liar adalah tindakan korupsi yang merugikan masyarakat,” tegas Kompol Yafet Efraim Patabang.

Senada dengan itu, Edward Sianturi menambahkan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar para pegawai di Kecamatan Parindu dan Puskesmas Parindu memahami mana yang termasuk pungutan liar dan menghindari praktik tersebut.

“Kami juga mengingatkan Pak Camat Parindu dan Kapuskesmas Parindu untuk melengkapi ruang informasi dengan petunjuk alur pelayanan, harga pelayanan, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk memudahkan masyarakat,” ujarnya.


Selain sosialisasi, tim juga melakukan pengecekan dan wawancara dengan pengunjung yang membutuhkan pelayanan di Kantor Camat Parindu dan Puskesmas Parindu. Tim Saber Pungli melaksanakan observasi dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Dalam penutup arahannya, Ketua Saber Pungli Kabupaten Sanggau mengajak untuk menciptakan sistem birokrasi yang handal, transparan, dan profesional, serta meningkatkan komitmen kepala daerah dan lembaga dalam melayani masyarakat.

“Kami juga mendorong peran serta masyarakat dalam mengawasi pemerintahan dan meningkatkan pelayanan publik melalui sosialisasi, edukasi, dan pengawasan,” tambahnya.

Sementara Camat Parindu, Darmikus Heri, S.Sos, menyambut baik kegiatan sosialisasi ini dan mengucapkan terima kasih kepada Tim Saber Pungli.

“Kami berharap tim memberikan petunjuk, arahan, dan bimbingan terkait prosedur pelayanan,” ujarnya.

Kapuskesmas Parindu, Agata S. Mora, Amd.Kes, juga menyampaikan hal serupa dan berharap kegiatan ini membantu memperbaiki kekurangan yang ada di Puskesmas Parindu.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya