» » » Zoom Meeting Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Kapuas-2024

Zoom Meeting Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Kapuas-2024

Penulis By on Senin, 19 Agustus 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang Vicon Polres Sanggau Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Zoom Meeting Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024”.

Kegiatan Rakor Linsek Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024” di Graha Khatulistiwa Polda Kalbar dihadiri oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol. Pipit Rismanto, S.I.K, MH, PJ. Gubernur Kalbar dr. Harisson, M. Kes, Kajati Kalbar Edyward Kaban, SH, MH, beserta Para PJU Polda Kalbar, Forkompimda Kalbar, Ketua KPU Kalbar, Ketua Bawaslu Kalbar, para OPD Pemprov Kalbar, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan para pengurus Parpol tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan Zoom Meeting di Ruang Vicon Polres Sanggau dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, beserta para PJU Polres Sanggau, Kasat Pol PP Pemkab Sanggau Suhendra, Mewakili Kodim 1204/Sgu Serma A. Umar Said, Jaksa Fungsional Kejaksaan Sanggau Reza Daniala Sitorus, Komisioner Bawaslu Kabupaten Sanggau Chandra Apriansyah, S.Sos dan Staf KPU Kabupaten Sanggau Noviandha Satya Nugraha, SE.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalbar menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran segenap pihak dalam rakor Linsek Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024”. Sebagaimana Kita Ketahui Bersama, Pemilihan Kepala Daerah Merupakan Tonggak Penting Dalam Proses Demokrasi Yang Akan Menentukan Arah Pembangunan Daerah Lima Tahun Kedepan.

Dirinya mengatakan bahwa Pilkada Bukan Hanya Ajang Memilih Sosok Pemimpin, Tetapi Juga Menentukan Masa Depan Daerah Kita, Tentang Bagaimana Kita Semua Ingin Melihat Kalimantan Barat, Tentunya Kita Semua Perlu Mewaspadai Potensi Kerawanan Yang Dapat Muncul Selama Tahapan Pilkada, Baik Dari Aspek Keamanan, Sosial, Maupun Politik, Pengalaman Kita Dalam Mengamankan Pemilu Presiden Yang Lalu Telah Menunjukkan Bahwa Dengan Kerja Sama Yang Baik, Semua Tantangan Dan Permasalahan Dapat Kita Atasi Bersama.

“Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak 2024, Polda Kalbar Akan Menggelar Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan, dengan Sandi “Mantap Praja Kapuas 2024”, Operasi Ini Akan Dilaksanakan Selama 127 Hari, Terhitung Sejak Tanggal 27 Agustus 2024 S.D 31 Desember 2024, Mulai Dari Tahap Pendaftaran Dan Penetapan Calon Kepala Daerah, Kampanye, Masa Tenang, Pemungutan Suara, Penghitungan Suara, Penetapan Hasil Pemilu Hingga Sampai Pengucapan Sumpah Janji, Yang Melibatkan ±6.555 Personel Di Seluruh Jajaran Polda Kalbar,” terangnya.


“Kami menyadari bahwa Polri tidak akan mampu melaksanakan Operasi ini dengan Maksimal tanpa Dukungan dari seluruh Pihak, Kami sangat membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, Termasuk TNI, Pemerintah Daerah, Instansi Terkait dan Pihak Lainnya untuk memastikan bahwa pilkada serentak dapat berlangsung dengan Aman, Damai dan Tertib,” ungkapnya.

“Saya Selaku Kapolda Kalbar mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak atas Kerjasama, Dukungan dan Solidaritasnya selama ini, Diharapkan rakor ini menjadi sarana untuk menyatukan persepsi, menyusun langkah-langkah strategis, serta memperkuat sinergi antar seluruh Pihak dalam mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak,” sambungnya.

“Marilah kita junjung Tinggi Profesionalisme dan Netralitas, dengan tidak berpihak kepada salah satu Calon atau Partai Politik, agar Demokrasi berjalan baik dan hasil Pilkada dapat diterima semua pihak,” tambah Kapolda Kalbar.

“Serta marilah kita berjuang menjadi bagian penting atas suksesnya penyelenggaraan Pilkada di Kalbar, semoga Rakor ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan strategis yang bermanfaat bagi keamanan dan kelancaran Pilkada Serentak di Wilayah Kalimantan Barat,” tukas Irjen Pol. Pipit Rismanto.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian dari PJ. Gubernur Kalbar dr. Harisson, M.Kes, Kajati Kalbar Edyward Kaban, SH, MH, Kodam XII/Tanjung Pura Kalbar Letkol Inf. Putra Andika Trihatmoko serta penyampaian dari Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Asep Saepudin.

Kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024” yaitu sebagai sarana penyamaan persepsi, pengecekan kesiapan, serta menampung segala informasi dan masukan koordinasi segenap instansi dan elemen masyarakat guna memaksimalkan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 demi terciptanya Pilkada yang aman, tertib, lancar dan damai.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya