» » » Kapolres Sanggau Pimpin Apel Konsolidasi Pengamanan Tahap Kampanye dan Pengecekan Sarpas Pendukung

Kapolres Sanggau Pimpin Apel Konsolidasi Pengamanan Tahap Kampanye dan Pengecekan Sarpas Pendukung

Penulis By on Selasa, 24 September 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di halaman Polres Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Apel Konsolidasi Pengamanan Tahap Kampanye dan Pengecekan Sarpas Pendukung dalam rangka Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas 2024” Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau Tahun 2024.

Selaku Inspektur Apel Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Chandra Kusumah, SH, S.I.K, serta dihadiri Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, PJU, Personil Polres Sanggau, Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran dan Brimob Sanggau.

Dalam arahannya Kapolres Sanggau mengatakan bahwa Pilkada secara serentak khususnya pemungutan suara akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024, sehubungan dengan hal tersebut diperlukan kesiapan yang maksimal guna mengamankan jalannya pemungutan suara yang tertib, lancar dan damai di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Maksud dan tujuan Apel Konsolidasi dan Pengecekan Sarpas dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Personil maupun sarana pendukung lainnya dalam menghadapi Tahapan Kampanye dan Tahapan lainnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” terangnya.

AKBP Suparno mengungkapkan bahwa sasaran pengamanan ada disetiap Tahapan sehingga diperlukan kesiapan Personil maupun sarana pendukung lainnya agar dapat berhasil sesuai dengan tujuan operasi.

Kapolres Sanggau juga memberikan penekanan kepada seluruh Personil pada Tahapan Kampanye, diantaranya, Lakukan pemetaan pontensi konflik, daerah rawan Golput, potensi kecurangan dengan seksama, identifikasi kelompok kelompok yang berpotensi memicu Gangguan Kamtibmas, segera lakukan pendekatan dialogis dan humanis untuk mencegah hal tersebut.

“Segera tangani setiap pelanggaran dan kecurangan yang terjadi selama Tahapan Kampanye namun tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip hukum dan keadilan, Berikan literasi kepada masyarakat untuk memilih berdasarkan kompetensi, bukan karena tekanan atau politisasi yang tidak jelas, sekaligus lakukan counter opini terhadap berita hoax dan isu-isu sara di media cetak/elektronik,” terangnya.


AKBP Suparno juga berpesan, Tingkatkan sinergi yang solid diantara rekan-rekan yang merupakan kunci untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif ditengah masyarakat.

“Kepada para Perwira Pengendali laksanakan pengawasan dan pemantauan secara ketat dalam Tahanan Kampanye dengan mengoptimalkan jaringan komunikasi dan Aplikasi EWS dan SOT, Jaga netralitas sebagai Anggota Polri dengan berupaya menjaga kepercayaan publik pastikan demokrasi berjalan adil,” pesannya.

Ia juga meminta agar dalam menghadapi dinamika selma Tahapan Pilkada diperlukan kesiapan mental, kesehatan dan kedisiplinan dalam tugas. Prosedur pengamanan yang tertuang dalam Renops harus dipahami dan dimengerti oleh masing-masing Satgas dan Subsatgas.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab demi mewujudkan Sitkamtibmas yang kondusif pada pelaksanaan Pilkada Serentak di Kabupaten Sanggau,” tukas AKBP Suparno.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pengamanan Tahanan Kampanye Tahun 2024 di Wilkum Polres Sanggau.

Apel Konsolidasi dan Pengecekan Sarpas dilaksanakan sebagai bentuk kesiapsiagaan Polres Sanggau dalam hal pengamanan Tahapan Kampanye pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya