» » » Kegiatan Tactical Wall Game (TWG) Pengamanan Pelantikan Sumpah/Janji Anggota DPRD Sanggau

Kegiatan Tactical Wall Game (TWG) Pengamanan Pelantikan Sumpah/Janji Anggota DPRD Sanggau

Penulis By on Minggu, 29 September 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Graha Wira Pratama Polres Sanggau, Jln. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Kegiatan Tactical Wall Game (TWG) Pengamanan Pelantikan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Sanggau terpilih Periode 2024-2029.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, dihadiri oleh Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf. Subandi, SE., M.IP, Pasi Ops Kodim 1204/Sanggau Kapten Inf. Abdul Aziz Siregar, Perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau, perwakilan Satpol PP Kabupaten Sanggau, Kabagops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, SH, M.A.P, diikuti oleh PJU Polres Sanggau, Danki Brimob Sanggau, para perwira staf Polres Sanggau serta personil Polres Sanggau.

Dalam sambutannya, Wakapolres Sanggau mengatakan bahwa KPU Kabupaten Sanggau telah menetapkan 40 anggota DPRD Kabupaten Sanggau terpilih masa jabatan 2024-2029 berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Sanggau Nomor 550 Tahun 2024 tanggal 3 Maret 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau Tahun 2024.

“Pelaksanaan kegiatan Pelantikan Sumpah/Janji akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 September 2024, sekira Pukul 09.00 WIB bertempat di aula pertemuan lantai III gedung DPRD Kabupaten Sanggau, Guna mengantisipasi segala bentuk potensi kerawanan yang dimungkinkan akan terjadi maka perlu dilaksanakan pengamanan terhadap rangkaian kegiatan tersebut,” ucap Kompol Yafet.

Ia mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan dan mengecek kesiapan seluruh personil untuk memahami CB dalam pelaksanaan tugas.

“Anggota DPRD Kabupaten Sanggau terpilih sebanyak 40 orang yang mana banyak diantaranya wajah baru sehingga dimungkinkan akan membawa massa maupun keluarga,” sambungnya.

“Rencana Pengamanan telah disusun oleh Bagops Polres Sanggau, kegiatan ini akan melibatkan sebanyak 128 personil Polres Sanggau dan ditambah personil dari instansi terkait lainnya,” sambung Wakapolres.

Diperlukan teknis dan taktis sebelum memulai pengamanan, sehingga dengan TWG ini kita dapat mengetahui peran dan tugas kita masing-masing sesuai sprint ploting yang sudah ditentukan.

Kompol Yafet meminta pada saat Simulasi besok Kita akan mendrill satu persatu apa saja potensi ambang gangguan yang akan terjadi di lapangan, dalam pengamanan kegiatan di lapangan harus mengetahui secara mekanisme pengambilan langkah-langkah yang tepat agar semua satu suara dan satu tujuan untuk menjaga situasi Kamtibmas di tempat pelaksanaan kegiatan.


“Kegiatan TWG ini menjadi wadah untuk kita berdiskusi, berkoordinasi, serta menyusun strategi pengamanan yang efektif demi menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan kegiatan. Yang paling terpenting adalah Sinergitas, Polres Sanggau tidak dapat melaksanakan pengamanan tanpa dukungan dari Kodim 1204/Sanggau, Dinas dan instansi terkait,” pesannya.

“Kegiatan pengamanan ini agar dilaksanakan dengan serius dan bertanggung jawab, sehingga dapat berjalan dengan aman lancar dan kondusif,” tukasnya.

Sementara Dandim 1204/Sanggau dalam sambutannya menjelaskan hari ini kita melaksanakan Tactical Wall Game (TWG) Pengamanan Pelantikan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Sanggau terpilih Periode 2024-2029 yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 30 September 2024 di gedung DPRD Kabupaten Sanggau.

“Ini adalah rangkaian proses Demokrasi yang telah kita laksanakan, kawal dan lewati dalam tahapan Pemilu Legislatif 2024,” ungkap Letkol Inf Subandi.

Dirinya mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini belum ada permasalahan dan gejolak yang terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau, kita berharap sampai dengan pelantikan ini tidak ada terjadi permasalahan. Semua komponen dalam pengamanan agar bersinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaannya.

“Saya minta dalam pelaksanaan tugas agar laksanakan secara Humanis dan dilaksanakan sesuai dengan SOP,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Paparan oleh Kabagops Polres Sanggau terkait Pelibatan kuat personil sebanyak 128 personil, ploting personil antara lain Ring I Lantai III DPRD, Ring II Lantai II DPRD, Ring II Lantai I, Ring II Halaman Kantor DPRD, penginapan Hotel Harvey, Escape, Humas, Pam Pers, Kawal dan TIK. Serta Lantai III di Ring I Lantai III adalah lokasi kegiatan Pelantikan.

Kegiatan Tactical Wall Game (TWG) Pengamanan Pelantikan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Sanggau terpilih Periode 2024-2029 dilaksanakan untuk menyamakan persepsi langkah-langkah dan cara bertindak dalam pelaksanaan pengamanan.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya