» » » Penyerahan Bantuan Alsintan Pompa Air Mendukung Program Pengelolaan Air Terpadu (PAT) dan Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) di Kabupaten Sanggau

Penyerahan Bantuan Alsintan Pompa Air Mendukung Program Pengelolaan Air Terpadu (PAT) dan Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) di Kabupaten Sanggau

Penulis By on Senin, 23 September 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupatan Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Penyerahan Bantuan Alsintan Pompa Air mendukung PAT dan Peningkatan IP di Kabupaten Sanggau Tahun 2024.

Kegiatan dihadiri oleh PJ. Bupati Sanggau Suherman, SH, MH, Kadis DTPHP Provinsi Kalbar Ir. Florentinus Anum, M. Si, Kepala BPSIP Provinsi Kalbar Firmansyah, SE, MM, Dandim 1204/Sgu Letkol Inf. Subandi, SE, M.I.P, Kepala DKPTPHP Kabupaten Sanggau Kubin, SP, M. Si, Kabag Log Polres Sanggau AKP Suwanto, SH dan Kelompok Tani penerima bantuan pompa air.

Dalam sambutannya PJ. Bupati Sanggau mengatakan pada hari ini kita hadir dalam sebuah momentum yang sangat penting bagi pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Sanggau. Sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, hari ini kita melakukan penyerahan Bantuan Alsintan Pompa Air yang difokuskan untuk mendukung Program Pengelolaan Air Terpadu (PAT) dan Peningkatan Indeks Pertanaman (IP).

“Apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam mewujudkan program ini, terutama kepada Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, yang senantiasa berkomitmen untuk mendukung para petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian kita,” kata Suherman.

Dirinya menambahkan, Pertanian di Sanggau adalah salah satu pilar utama perekonomian daerah kita, dengan luas lahan yang subur dan potensi pertanian yang besar, kita harus terus memastikan bahwa teknologi dan fasilitas yang memadai tersedia bagi petani kita, Alsintan Pompa Air ini menjadi bagian dari komitmen Pemerintah Daerah untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan air, terutama di wilayah-wilayah yang rawan kekeringan atau memiliki keterbatasan sumber air.


“Dengan adanya alat ini, kita berharap dapat memperluas cakupan lahan yang bisa ditanami, meningkatkan frekuensi tanam, dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas pertanian secara signifikan, Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) menjadi target utama kita, dimana lahan dapat ditanami lebih dari satu kali dalam setahun. Hal ini bukan hanya meningkatkan hasil produksi tetapi juga pendapatan para petani kita,” ungkapnya.

“Saya berharap upaya ini tidak hanya berhenti pada penyediaan alat, tetapi juga akan terus melakukan pendampingan dan bimbingan teknis kepada para petani melalui penyuluh-penyuluh pertanian kita, Teknologi yang ada harus diiringi dengan keterampilan dan pengetahuan yang baik, agar manfaat dari bantuan ini bisa benar-benar maksimal,” tambah Suherman.

Dirinya meminta manfaatkan alat ini sebaik-baiknya, jangan hanya melihat ini sebagai fasilitas semata, tapi jadikan ini sebagai pemacu semangat untuk terus bekerja keras, berinovasi, dan mencapai produktivitas yang lebih tinggi.

“Upaya kedepan, kita akan terus berupaya memperkuat sektor pertanian melalui berbagai program, baik dari sisi pengelolaan lahan, teknologi pertanian, maupun akses pasar yang lebih luas. Semoga dengan bantuan ini, kesejahteraan petani kita semakin meningkat dan kita bisa bersama-sama mewujudkan Kabupaten Sanggau sebagai salah satu sentra pertanian unggulan,” tukasnya.

Pelaksanaan kegiatan Penyerahan Bantuan Alsintan Pompa Air guna mendukung Program Pengelolaan Air Terpadu (PAT) dan Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dalam rangka memaksimalkan intensifikasi bidang pertanian melalui peningkatan pengelolaan dan mengatasi kendala pasokan air sebagai upaya peningkatan produktivitas pertanian serta penguatan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya