» » » Pengamanan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau 2024 Berlangsung Kondusif

Pengamanan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau 2024 Berlangsung Kondusif

Penulis By on Jumat, 11 Oktober 2024 | No comments


Polres Sanggau - Jajaran Polres Sanggau berhasil mengamankan jalannya kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau Tahun 2024 yang berlangsung di wilayah hukum (Wilkum) Polres Sanggau. Kampanye ini merupakan bagian dari tahapan pemilihan kepala daerah serentak yang berlangsung dari tanggal 25 September hingga 23 November 2024.

Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sanggau nomor urut 3, Yansen Akun Effendy, SH, M. Si, MH, bersama Andreas Sisen, S. Hut (YES), menggelar kampanye terbatas di Jl. DR. Surono RT 003 RW 001, Kelurahan Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. Kampanye tersebut berbentuk pertemuan tatap muka dan dialogis dengan masyarakat, yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Kegiatan kampanye dihadiri sekitar 100 massa pendukung yang datang dengan menggunakan sekitar 4 Unit kendaraan roda empat. Penanggung jawab kegiatan, Nur Kurniawan, memastikan bahwa kampanye berjalan sesuai aturan, dengan alat peraga kampanye berupa spanduk.

Selain itu, sejumlah juru kampanye, termasuk Yansen Akun Effendy, Andreas Sisen, dan Hamdan MS, memberikan orasi politik untuk menyampaikan visi dan misi mereka.

Polres Sanggau mengerahkan total 20 personil untuk mengamankan jalannya kampanye ini, termasuk 13 personel dari Polres Sanggau yang dipimpin oleh Iptu Sugianto, 5 personel Polsek Kapuas dipimpin oleh Kapolsek Parindu Iptu Marianus, serta 4 personel dari Kompi Brimob Sanggau. Pengamanan dilakukan dengan teliti dan profesional, memastikan situasi tetap aman dan kondusif sepanjang kegiatan.

“Kami telah menyiapkan rencana pengamanan dengan matang, termasuk menempatkan personel di titik-titik strategis untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan,” ujar Iptu Sugianto.


Pengawas pemilu dari Panwascam Kapuas dan PKD Desa Kapuas turut hadir untuk memantau jalannya kampanye. Meski tidak ada kehadiran dari Bawaslu Kabupaten Sanggau, pengawasan tetap berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Kegiatan kampanye ini juga dilaksanakan berdasarkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) yang dikeluarkan oleh Polres Sanggau pada 10 Oktober 2024.

Selama pelaksanaan kampanye, tidak ditemukan insiden yang dapat mengganggu jalannya kegiatan. Kampanye berlangsung dengan tertib, tanpa adanya permasalahan menonjol. Keamanan wilayah tetap terjaga berkat koordinasi yang baik antara aparat kepolisian dan panitia kampanye.

Kegiatan kampanye di Kabupaten Sanggau ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan Pilkada serentak 2024.

Mengingat situasi politik yang semakin dinamis, Kapolres Sanggau menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gesekan antarpendukung dan praktik-praktik seperti money politics, perusakan alat peraga, serta kampanye hitam.

Polres Sanggau juga mengingatkan seluruh personil yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Kapuas 2024 untuk tetap menjalankan tugas pengamanan dengan profesional, sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing, guna memastikan pelaksanaan kampanye berjalan aman dan tertib hingga masa kampanye berakhir.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya