» » » Pengamanan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau Tahun 2024 Berjalan Lancar

Pengamanan Kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau Tahun 2024 Berjalan Lancar

Penulis By on Minggu, 13 Oktober 2024 | No comments


Polres Sanggau Kegiatan pengamanan pelaksanaan kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2024 berjalan dengan aman dan kondusif. Pada hari Minggu, 13 Oktober 2024, sekitar pukul 16.00 WIB, bertempat di rumah Herman, Jl. Riam, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, berlangsung kampanye tatap muka yang dihadiri oleh Calon Wakil Bupati Sanggau Nomor Urut 1, Susana Herpena, S. Sos.

Pengamanan kampanye ini dipimpin langsung oleh AKP Donny Sembiring, SH, yang bertugas sebagai Perwira Pengendali (Padal) Regu I PAM Kampanye.

Ia didukung oleh 12 personil Polres Sanggau dan 4 personil Polsek Kapuas yang dipimpin oleh Kapolsek Kapuas, Iptu Marianus.

Selain itu, turut hadir pula Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang diwakili oleh M. Nur dan Slamet Riyanto serta Pengawas Kelurahan (PKD) Bunut, Kristina Ratni, guna memastikan jalannya kampanye tetap tertib sesuai aturan yang berlaku.

Kampanye yang dihadiri oleh sekitar 50 orang pendukung ini berlangsung dalam bentuk pertemuan tatap muka atau dialogis.

Susana Herpena bersama juru kampanyenya, Sudarsono, S.AP., memaparkan visi, misi, dan program kerja mereka kepada masyarakat yang hadir.

Dengan jumlah massa yang terpantau cukup terkendali, kampanye ini diiringi dengan pengawasan ketat oleh pihak keamanan yang juga memastikan tidak adanya alat peraga yang dirusak atau tindakan provokatif lainnya.

Dalam keterangannya, AKP Donny Sembiring menyatakan bahwa pengamanan kampanye tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada kejadian yang menonjol.


“Kegiatan kampanye ini berlangsung aman dan kondusif. Seluruh personil telah menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga tidak ada potensi gangguan keamanan yang muncul selama kampanye berlangsung,” ujarnya.

Berdasarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang diterbitkan oleh Satintelkam Polres Sanggau pada 10 Oktober 2024, kampanye ini telah mendapatkan izin resmi dan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Spanduk digunakan sebagai alat peraga kampanye dan tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran selama kegiatan berlangsung.

Tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang berlangsung sejak 25 September 2024 hingga 23 November 2024 diharapkan dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Namun, seiring dengan intensitas kegiatan kampanye yang semakin meningkat, potensi gesekan antar pendukung serta praktik money politics dan black campaign perlu diantisipasi dengan baik.

Untuk itu, AKP Donny Sembiring mewakili Kapolres Sanggau mengimbau agar seluruh personil yang terlibat dalam Operasi Mandiri Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2024” dapat terus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara pemilihan dan berperan aktif dalam menjaga keamanan selama tahapan kampanye berlangsung.

“Kesiapsiagaan dan kerjasama yang baik antara aparat keamanan dan penyelenggara pemilihan diharapkan dapat meminimalisir potensi gangguan selama masa kampanye” ungkapnnya.

“Dengan pengamanan yang ketat dan terkoordinasi, diharapkan pelaksanaan Pilkada Sanggau tahun 2024 dapat berjalan damai dan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti,” tukas AKP Donny Sembiring.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya