» » » Polres Sanggau Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Kapuas Tahun 2024

Polres Sanggau Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Kapuas Tahun 2024

Penulis By on Senin, 14 Oktober 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman Mapolres Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan “Zebra Kapuas Tahun 2024” di dalam rangka mendukung suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih dan mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman Wilkum Polres Sanggau.

Bertindak Selaku Inspektur Apel Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, selaku Perwira Apel Kasat Lantas Polres Sanggau AKP Risqi Ardian Eka Kurniawan, S.T.K, S.I.K, selaku Komandan Apel Ipda Evans Sitanggang, SH, diikuti oleh Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf. Subandi, SE, M.IP, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Kasdim 1204/Sanggau Mayor Inf. Duloh, para PJU Polres Sanggau, Personil Polres Sanggau, Brimob, Kodim 1204/Sanggau, Subdenpom XII/1-2, Dishub Kabupaten Sanggau, Damkar dan Sat Pol PP Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya, Kapolres Sanggau mengatakan bahwa Opspol Zebra Kapuas Tahun 2024 dilaksanakan serentak yang pelaksanaannya 14 hari, TMT 14 s/d 27 Oktober 2024. Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personil dan sarana pendukung sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Dilaksanakannya Opspol Zebra Tahun 2024 dalam rangka mendukung suksesnya Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih dan mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

“Tujuan Opspol Zebra untuk menurunkan pelanggaran, kecelakaan dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas menuju Pilkada Serentak tahun 2024,” ungkapnya.

Sasaran operasi yaitu segala potensi yang mengganggu Kamseltibcarlantas. Dalam pelaksanaan Opspol Zebra diperlukan langkah-langkah strategis guna mewujudkan “Road Safety To Zero Accident”.

“Dalam pelaksanaan Opspol Zebra juga diperlukan langkah antisipasi yang proaktif, aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien sesuai karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah, sehingga terwujudnya visi Polri yang Presisi,” terangnya.

Kapolres Sanggau juga Menjabarkan trend angka pelanggaran dan Laka Lantas di Provinsi Kalbar sejak Januari 2024 s/d Oktober 2024.


AKBP Suparno meminta tingginya resiko kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas sehingga diperlukan perhatian bersama serta kolaborasi dengan berbagai pihak. Agar pelaksanaan Opspol Zebra dapat dilaksanakan dengan semangat dan sungguh-sungguh guna mencapai hasil yang optimal.

Kapolda Kalimantan Barat juga menyampaikan sejumlah arahan penting, termasuk pentingnya pengawasan humanis dengan penegakan hukum yang tegas namun persuasif. Selain itu, penggunaan teknologi seperti ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) juga dimaksimalkan untuk mendukung operasi ini.

Identifikasi titik-titik Blankspot di jalan raya yang berpotensi mengganggu keselamatan berlalu lintas segera tindak lanjuti melalui koordinasi dengan instansi terkait. Jaga kesehatan dan kewaspadaan selama operasi, pastikan kondisi fisik dan mental personil selalu prima agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik. Serta Jadilah pelopor dalam berlalu lintas, menjadi agen perubahan bagi lingkungan dan masyarakat.

Kapolres Sanggau berharap dilaksanakannya Ops Zebra Kapuas 2024 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan menekan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas dan menciptakan kondisi jalan yang tertib dan lancar bagi seluruh pengguna jalan.

“Saya ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam Operasi Zebra Kapuas 2024,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Operasi Kepolisian Kewilayahan “Zebra Kapuas Tahun 2024” dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di wilayah Hukum Polres Sanggau serta untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya