» » » Polres Sanggau Gelar Patroli Skala Besar untuk Jaga Harkamtibmas, Situasi Kondusif

Polres Sanggau Gelar Patroli Skala Besar untuk Jaga Harkamtibmas, Situasi Kondusif

Penulis By on Sabtu, 12 Oktober 2024 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dengan melaksanakan patroli skala besar pada Jumat malam (11/10/2024).

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 22.00 WIB hingga dini hari tersebut dipusatkan di wilayah Kota Sanggau, dengan melibatkan 13 personel dari Piket Penjagaan dan Piket Fungsi Polres Sanggau.

Patroli skala besar ini diawali dengan apel kesiapan di halaman Polres Sanggau, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas. Apel tersebut dipimpin oleh Ipda Sukadi, S.H., selaku Perwira Pengawas (Pawas) yang bertanggung jawab dalam mengoordinasikan jalannya patroli.

“Patroli ini merupakan bagian dari upaya cipta kondisi dalam rangka menjaga stabilitas keamanan di wilayah Sanggau. Kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman, terutama di malam hari,” ujarnya.

Patroli dimulai dengan pengamanan di Jalan Kartini, Kelurahan Beringin, pada pukul 22.20 WIB, untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas dan kemacetan lalu lintas. Selama pelaksanaan, kegiatan masyarakat di kawasan tersebut berjalan lancar tanpa ada insiden berarti.

Selanjutnya, pada pukul 23.30 WIB, patroli bergerak ke sejumlah kawasan pemukiman penduduk yang dinilai rawan gangguan kamtibmas, di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan KH. Dewantara, Jalan PH. Sulaiman, dan Jalan Flamboyan. Hasilnya, tidak ditemukan adanya peristiwa tindak pidana atau kejadian yang mengancam keamanan warga setempat.


Pada pukul 00.30 WIB, tim patroli tiba di kawasan Taman Aronk Belopa yang kerap menjadi titik kumpul warga di malam hari. Patroli ini juga berjalan aman tanpa adanya temuan gangguan kamtibmas.

Patroli kemudian dilanjutkan ke kawasan Sabang Merah pada pukul 01.00 WIB untuk mengantisipasi aksi balap liar yang sering dikeluhkan masyarakat. Walaupun tidak ditemukan adanya aksi balap liar, petugas memberikan arahan kepada sekelompok pemuda yang berkumpul di lokasi tersebut agar segera membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

Pengecekan terakhir dilakukan pada pukul 02.00 WIB di Rutan Polres Sanggau dan Polsek jajaran. Dari hasil pengecekan, total ada 35 tahanan di Rutan Polres Sanggau dan 3 tahanan di Rutan Polsek Kapuas. Seluruh tahanan dalam kondisi sehat, aman, dan lengkap.

Kegiatan patroli skala besar ini berakhir pada pukul 03.00 WIB, dengan laporan akhir bahwa situasi di seluruh wilayah patroli dalam keadaan aman dan kondusif.

“Kami bersyukur patroli malam ini berjalan lancar. Kami tidak menemukan kejadian menonjol atau peristiwa yang membutuhkan penanganan khusus. Ini adalah hasil kerja keras semua pihak, termasuk kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama,” pungkas Ipda Sukadi.

Kegiatan patroli skala besar ini merupakan bentuk nyata upaya preventif yang dilakukan Polres Sanggau untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Sanggau. Patroli ini juga menjadi bagian dari program cipta kondisi menjelang berbagai kegiatan besar yang akan berlangsung di tahun 2024.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya